sebelum menuju karakteristik pembelajaran SEL( sosial emosional learning), kita akan mengulas sedikit tentang pengertian SEL.
Pembelajaran sosial emosional adalah suatu pembelajaran yang disampaiakn guru dan diterapi.
SEL ( sosial emosional learning) adalah sebuah proses pendidikan untuk belajar keterampilan hidup akan tetapi ada beberapa aspek yang terkandung dalam sel ini. SEL juga mengajarkan keterampilan mental untuk mengarahkan pada pemahaman dan juga bisa mengelola emosi yang positif dan bisa membangun jangka yang lebih panjang dan bisa memecahkan masalah secara konstruktif.
Adapun karakteristik pembelajaran SEL ( sosial emosional learning). Sekolah harus menjadi sebagai peran yang sangat penting dalam menyediakan siswa dan memberj kesempatan untuk mendapatkan kesadaran sosial dan emosional yang lebih besar dan bisa melatih kemampuan interpersonal mereka dalam belajar dan tumbuh secara cepat. SEL ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman, strategi dan keterampilan yang positif didalam dirinya dan bisa membangun kapasitas siswa untuk mengenali dan mengelola emosi mereka sendiri serta membuat keputusan yang selalu bertanggung jawab.
Menurut Collaborative akademik, bahwa mengidentifikasi 5 judul yang luas dimana SEL jatuh :
1. Kesadaran diri ( self awarenes )
Mengidentifikasi dang mengenali emosi, mengakui kepentingan pribadi dan kekuatan untuk mempwrtahankan rasa untuk percaya diri.
2. Menejemen diri ( menegement self)
Mengatur emosi dan memotibasikan dirinya sendiri untuk bertahan dalam mengatasi hambatan atau masalah.
3. Kesadaran sosial ( soaial awaranes )
Mampu berempati dengan orang lain atau berinteraksi kepada orang lain untuk mengalami dan menghargai individu maulun kelompok.