Mohon tunggu...
Selvia Vide
Selvia Vide Mohon Tunggu... Akuntan - ASN, Ibu Rumah Tangga, Anak Sekolahan

Suka mengamati, belajar dan merefleksikan apa yg didapat selama perjalanan hidup

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Komunikasi: Ngomong Gak Ngomong

18 Januari 2023   00:37 Diperbarui: 18 Januari 2023   00:41 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

“The most important thing in communication is hearing what isn’t said.” – Peter Drucker

Suatu hari seorang kawan bercerita kepada saya, "gue kesel banget dech sama bini gue", ujarnya dengan wajah yang kelihatan gusar. Sebagai perempuan dan juga istri, saya paling tidak enak dengan teman, khususnya rekan pria yang curcol soal hubungan rumah tangganya, rasanya kok kurang etis. 

Tapi curcol rekan saya kali ini membuat saya merefleksikan apa yang menjadi keluhannya. "Gue baru masuk pintu rumah, bini gue udah merepet kayak mitraliur (red: jenis senapan yang mampu menembakkan banyak peluru). Tunggu gue duduk kek, copot sepatu kek, baru ngoceh. Minimal, dia nanya ke gue, gimana di kantor mas? capek gak mas? ini air putihnya mas...". 

Penasaran dengan curcolnya, saya menanyakan apa sich yang di'komunikasikan' sang istri. "Sepele, soal anak yang gak mau belajar dan main HP terus. Atau soal asisten rumah yang ngerumpi terus dengan asisten sebelah, selalu ada aja keluhannya," ujar sang rekan tadi dengan ekspresi yang kelihatan putus asa. 

Perbincangan dengan rekan tadi membuat saya tercenung, selama ini kita selalu 'take it for granted' untuk indra komunikasi yang diberi Tuhan, sebuah mulut, sepasang telinga, wajah yang bisa berekspresi, kaki tangan yang bisa memberi 'gesture' termasuk badan kita sendiri. Kita tidak pernah menyadari bahwa semua bagian tubuh kita dapat berkomunikasi. 

Bagaimana kita berkomunikasi dan dengan cara apa, itulah yang menjadi bahasaan kita. Kita menyadari bahwa untuk berkomunikasi  dengan badan kita ada 4 (empat) bentuk sumber komunikasi yaitu:

1. Komunikasi lisan

Bentuk komunikasi lisan adalah bentuk komunikasi tertua dimana sejak manusia diciptakan manusia sudah berkomunikasi. Jika melihat pada kitab suci kita tahu saat manusia diciptakan manusia sudah berkomunikasi secara oral dengan Tuhan dan kemudian dengan sesama manusia.

2. Komunikasi tertulis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun