Mohon tunggu...
Viviani Novarine
Viviani Novarine Mohon Tunggu... Mahasiswa - Interior Designer

Mahasiswa interior UKP'18

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Rumah Brawijaya: Inspirasi Kombinasi Budaya Nusantara dan Gaya Modern

3 Desember 2021   00:32 Diperbarui: 3 Desember 2021   00:37 142 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendopo Rumah Brawijaya via www.triviumdg.com

Rumah tinggal yang terletak di Jl. Brawijaya 1, Jakarta Selatan ini merupakan karya kolaborasi arsitek Yori Antar dan desainer interior Rudy Dodo. Keduanya terkenal akan pendekatan nilai lokal dalam karya dan sama-sama memiliki karakter desain modern tropikal. 

Bukan kali pertama berkolaborasi, Yori Antar dan Rudy Dodo lagi-lagi berhasil mengkombinasikan budaya Nusantara dan gaya modern dalam proyek kali ini.

Sinergi antara arsitek dan desainer interior ternama ini dapat dirasakan dari wujud arsitektur bangunannya, "modern tropikal" yang sesuai dengan kondisi alam Indonesia, hingga interior "Jawa modern" yang melekat dengan identitas penghuninya. 

Penggunaan material lokal dan warna alami dari material merupakan salah satu cara yang digunakan dalam pendekatan nilai lokal. Misalnya warna coklat dari kayu dan batu palimanan putih.

Permainan Efek Lighting pada Konstruksi Bangunan

Dengan perkembangan desain yang lebih modern, kesan budaya Jawa yang ingin ditonjolkan tidak lagi harus dengan membuat Joglo yang diukir. Yori dan Dodo bekerjasama dengan Hadi Komara & Associates sebagai lighting designer memunculkan dimensi dari pattern susunan kayu pada ceiling pendopo dengan permainan lighting. 

Arah pencahayaan ke atas atau yang sering disebut dengan uplight, dan perpaduannya dengan crystal chandelier yang menggantung di tengah ruangan, memberikan kesan grand dan elegan pada pendopo tanpa membuat desain terasa berat. Pada ruang ini, penghuni dapat menerima tamu dengan bangga menunjukkan kekuatan dari budaya Indonesia.

Penggunaan Material Modern

Mendesain dengan budaya Nusantara tidak berarti harus mengacu pada penggunaan material yang tradisional. Seiring dengan perkembangan arsitektur yang lebih modern, inspirasi dari kekayaan tradisi dan budaya dapat diolah dan disesuaikan dengan perkembangan masa kini menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih. 

Hal tersebut tercermin pada penggunaan dinding beton berwarna mocha cream, lantai batu andesit, dan ubin pc dengan motif custom yang menyesuaikan suasana di pendopo. Perpaduannya dengan konstruksi kayu jati menghasilkan kombinasi antara budaya dan modern yang harmoni. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan