Mohon tunggu...
Nidya Utami
Nidya Utami Mohon Tunggu... Aku perempuan pemimpi dan santai

Punya cita-cita, berani mencoba

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Pecinta Kopi Tubruk

12 Oktober 2019   23:03 Diperbarui: 13 Oktober 2019   06:18 0 2 0 Mohon Tunggu...

Dulu kalau ke resto pesanan minum saya pasti yang milkshake lah, teh manis lah, minum kopi saya eneg. Itu saya di umur early twenties dan teen years.

Lalu saya dipertemukan dengan kopi dari merek Good Day. Umur saya waktu itu sudah 24 tahun, jadi sensasi mengecap saya sudah berkembang. Good Day itu minuman rasa kopi, tapi tidak semanis minuman-minuma favorit saya jus konsentrat dan susu. 

Perlahan-lahan saya mengubah kebiasaan saya. Saya ke resto mulai sering pesan kopi. Dari Good Day dan Nescafe berubah jadi robusta pakai susu kental. Lalu Starbucks, Kopi Kulo, Kopi Janji Jiwa(favorit saya espresso dengan campuran susu segar), kopi JJ Royal dari Aceh Gayo, Toraja, Java Monk, Flores, Mandheling, kemudian saya juga coba kopi khas Pekanbaru, dan kini setia berpacaran dengan kopi Bengkalis. 

Saat saya masih naif, saya bisa minum kopi sampai enam kali sehari(mohon jangan ditiru, nanti kamu deg-degan seharian). Adapun saya selalu menuangkan beragam pemanis selain susu juga karamel gula. Sekarang saya memberanikan diri rutin minum kopi nol gula tiap pagi hingga dua gelas. 

Pernah saya coba inovasi taruh irisan jeruk kesturi di kopi tubruk saya, lumayan enak dan minumannya jadi sangat wangi. Tapi saya sarankan jangan dicoba, ibu saya bilang rasanua tidak cocok. Adapun tiap kali ibu saya mencicipi kopi pagi rutin saya,  beliau pasti berjengit karena dia pecinta kopi susu. "Pahit ! " Katanya, padahal umurnya jauh lebih tua dari saya. 

Saya ingat saat ke gerobak bazaar mall untuk kopi khas Pekanbaru, dan saya pesan kopi Americano tanpa gula. Ada cowok merokok yang mengantri pesanan disebelah saya sampai terbelalak. 

Tante saya juga obsesi kopi. Ini DNA kali ya ? Katanya khasiat kopi itu dari menurunkan berat badan hingga menenangkan dan bikin semangat. Kafein di kopi lebih berefek daripada dari teh. 

Saya jadi ingat quotes dari tokoh Ben di cerpen Filosofi Kopi. "Karakter pecinta kopi tubruk adalah lugu dan sederhana"...Berarti pendapat umum kalau pecinta kopi tubruk memahami pahitnya hidup itu salah ya ! 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x