Digital

Internet "Old" vs Internet "Now"

10 September 2018   10:47 Diperbarui: 17 September 2018   14:14 187 0 0
Internet "Old" vs Internet "Now"
internet-broadband-5b95ed80bde57551bb13ed12.jpg

Siapa yang tidak mengenal internet? Sebagian besar orang sudah menggunakan internet tetapi apakah kalian tahu awal mula adanya internet dan perkembangannya hingga internet bisa maju seperti sekarang ini? Yukk simak pembahasan di bawah ini!

Sejarah Internet

             Internet kepanjangan dari Interconnection-networking, yaitu  sebuah sistem yang saling terhubung satu sama lain melalui  Transmission Control Protocol (TCP) sehingga antar user di seluruh dunia bisa saling berkomunikasi. Di Amerika, pada tahun 1958 dibentuk sebuah badan yang terdiri atas para peneliti dan teknisi dari universitas dan laboratorium yaitu APRA (Advanced Research Projects Agency). Pembentukan APRA bertujuan untuk menyaingi Rusia karena pada saat itu Rusia lebih maju dibidang satelit kemudian para peneliti bekerja untuk membuat sebuah penelitian yang hasil penelitian didedikasikan untuk perkembangan teknologi Amerika.

            Pada tahun 1969, APRA membuat sebuah jaringan komputer yaitu APRANET. Pembuatan APRANET memiliki tujuan supaya setiap peneliti yang berada di berbagai tempat berbeda dan sedang berada di belahan dunia lain tetap dapat saling berkomunikasi dan mengakses data yang dibutuhkan melalui sebuah computer utama, sering disebut juga server. Jaringan APRANET ini menggunakan kabel telepon dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu. Para peneliti kemudian berfikir untuk membuat sebuah perubahan yakni berkolaborasi dengan menggunakan ‘paket switching’ dimana setiap data yang dikirim akan dipecah menjadi paket kecil sehingga proses transmisi data dapat menjadi lebih cepat.

capture-png-5b95ef89bde57576fa20d8a3.png
capture-png-5b95ef89bde57576fa20d8a3.png
Perkembangan Internet

            Seiring berkembangnya tahun, pada tahun 1972 email mulai diperkenalkan. Email membuat para peneliti lebih mudah mengirim data dan informasi. Kemunculan email ini menjadi faktor yang membuat traffic dalam networking semaking tinggi. 1 Januari 1983 membuat APRANET menukar protocol rangkaian pusat, yang awalnya NCP menjadi TCP/IP. Tahun 1989 APRANET memiliki 100.000 server yang saling berhubungan. Perkembangan internet tidak hanya sampai pada penukaran protocol tetapi mulai merambat ke pada teknologi telepon.

            Penggunaan internet pada telepon menjadi salah satu contoh perkembangan internet yang sangat signifikan. Kemajuan internet membuat kita lebih mudah untuk saling terhubungan dengan orang-orang yang berbeda tempat dengan kita. Dahulu orang harus menunggu balasan kabar selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan tetapi kemajuan teknologi khususnya dalam bidang internet mempermudah komunikasi karena adanya sistem yang saling berhubungan menembus batasan ruang dan waktu.

            Kehadiran internet juga menjadi salah satu pemicu peneliti untuk membuat suatu program yang bisa menjadi sarana komunikasi yang sangat dibutuhkan manusia. Berners-Lee dan timnya berhasil menciptakan World Wide Web (WWW). Pada tahun 1990-1991, Berners-Lee menerbitkan tools dan protocol sebagai pendukung kebutuhan internet dengan menggunakan bahasa HTML.

6454294-tim-berners-lee-director-of-the-world-wide-web-consortium-xlarge-trans-nvbqzqnjv4bqqvzuuqpflyliwib6ntmjwxoyg4wbpwdlq8n0ifwvqhg-5b95f2f26ddcae0bb7111bb4.jpg
6454294-tim-berners-lee-director-of-the-world-wide-web-consortium-xlarge-trans-nvbqzqnjv4bqqvzuuqpflyliwib6ntmjwxoyg4wbpwdlq8n0ifwvqhg-5b95f2f26ddcae0bb7111bb4.jpg
            Dalam perkembangannya, WWW membuat orang saling terhubung hingga berdampak pada munculnya media online. Informasi di berbagai wilayah sangat beragam dan setiap individu ingin mengetahuinya. Tetapi permasalahannya berada pada kecepatan penyebaran informasi. Dahulu informasi menjadi kebutuhan bagi masyarakat tetapi mereka harus menunggu waktu yang lebih lama untuk mengetahuinya.

Sejarah dan Perkembangan Media Online Dunia

            Kemajuan teknologi tersebut membuat media online bisa muncul di internet. Adapun sejarah dari media online sebagai berikut : 

  • Pada bulan Oktober 1993, University of Florida menjadi universitas pertama yang memuat jurnalisme di internet.
  • Pada tahun 1994 muncul koran yang di tampilkan di website yaitu Palo Alto Weekly di Califormia.
  • Muncul jurnalisme online di Yahoo. 
  • Beberapa bulan setelah kehadiran Palo Alto Weekly. Muncul koran online Canadian yaitu The Halifax Daily News.
  • Peristiwa pertama kali yang muncul di internet yaitu bom di kota Oklahoma. Berita pengeboman ini menjadi sejarah yang tak terlupakan karena menghancurkan sisi utara gedung federal. Akibat dari insiden ini, diperkirakan 100 orang meninggal dan yang lain terjebak di bawah reruntuhan. 
    nat-911a1-760pix-5b95f32baeebe1347528db95.jpg
    nat-911a1-760pix-5b95f32baeebe1347528db95.jpg
  • Artikel di New York Times menjadi tonggak berkembang dan memuncaknya media online pada tahun 2001. Penyerangan di gedung World Trade Center pada 11 September 2001 menjadi salah satu peristiwa baru yang membuat  media mengalami pelonjakan informasi. Media bersaing dalam menarik minat pembaca. 
  • Adanya peristiwa ini menjadikan  media berfikir untuk memberitakan informasi secara gratis dan berbayar.

Inovasi berita yang disampaikan juga menjadi salah satu cara supaya berita diminati dengan cara menggunakan video sehingga informasinya tidak hanya teks terus-menerus. Tahun 2007 muncul citizen journalism di mana masyarakat juga bisa membagikan informasi yang sedang terjadi di wilayahnya dan di bagikan ke seluruh masyarakat di dunia.

Sejarah Media Online Indonesia

           Internet muncul pertama kali di Indonesia pada tahun 1990 karena ketertarikan para tokoh untuk membangun sebuah jaringan komputer yakni Rahmat M.Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto dan lain-lain. Perkembangan internet di Indonesia juga berdampak pada media online. Adapun sejarah media online di Indonesia sebagai berikut :

  • Media online di Indonesia pertama kali adalah Republika yang muncul pada 17 Agustus 1994 setelah adanya Harian Republika. 
  • Pada masa Orde Baru (1994) majalah Tempo dibredel, kemudian perusahaan media Tempo mendirikan situs media online tempointeraktif.com pada tahun 1994.
  • Munculnya Bisnis Indonesia pada September 1996.
  • Munculnya Waspada online yang menjadi salah satu situs berita pertama di luar Jakarta (berada di Sumatera Utara)
  • Berdirinya Kompas Online pada 22 Agustus 1997.
  • Munculnya Detik.com pada 9 Juli 1998 dan menjadi media online otonom. 
  • Astaga.com, satunet.com, lippostar.com, dan 2 media online lainnya menjadi situs berita online setelah munculnya Detik.com. 

Tahun 2002 banyak media online yang berhenti karena tidak mampu untuk membayar biaya operasional.

0-1329149774-5b95f350677ffb0eac172f43.jpg
0-1329149774-5b95f350677ffb0eac172f43.jpg
            Permasalah tersebut menjadikan media online lainnya yang masih bertahan memperbaiki tampilannya, sama halnya ketika kita melihat media online yang sekarang. Jauh lebih banyak media online yang ada sekarang daripada yang sebelumnya. Sejak munculnya media online www.kapanlagi.com banyak media yang muncul seperti Okezone, VIVA, Kompas, dan Detik. 4 media online bersaing dengan melakukan perubahan besar pada situsnya dengan mengajak pada pembaca untuk interaktif di situs mereka dengan memberikan ruang diskusi dalam sebuah forum.

Perkembangan Media Online Indonesia

          Kemunculan media online memberikan dampak terhadap penyampaian informasi. Pada awalnya media online Indonesia hanya sedikit, seiring berkembangnya zaman dan teknologi muncul media online baru. Berdasarkan data dari IDN Times, terdapat 43ribu media online akan tetapi 168 media online yang sudah terverifikasi profesional. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak media muncul tanpa ada keprofesionalan. Hal ini mengakibatkan setiap media online harus memiliki verifikasi dengan mendaftarkan pada Dewan Pers.  Verifikasi yang dilakukan oleh Dewan Pers merupakan tindak lanjut dari Piagam Palembang 2010 yakni berjanji untuk meningkatkan diri media meliputi 4 peraturan : perusahaan pers, kode etik, perlindungan hukum dan sertifikasi kompetensi. Selain itu adanya verifikasi media online juga menjadi salah satu pencegahan dalam internet khususnya media online dan meningkatakan kesejahteraan wartawan.

Daftar Pustaka : 

Darma, Jarot S., Shenia Ananda. 2009. Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta : Mediakita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2