Mohon tunggu...
Vito Rayhansyah
Vito Rayhansyah Mohon Tunggu... “There is no real ending. It’s just the place where you stop the story.” – Frank Herbert

Memiliki hobi menulis cerita dan artikel mengenai kehidupan sehari-hari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Menggaruk Tangan Lalu Ada Garis Putih, Kok Bisaa?

25 November 2020   18:00 Diperbarui: 25 November 2020   18:04 90 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menggaruk Tangan Lalu Ada Garis Putih, Kok Bisaa?
sumber: www.klinicapp.com/

Pernakah anda mencoba untuk menggaruk tangan karena adanya rasa gatal atau tidak enak pada tangan tersebut, lalu sebelum memerah terdapat garis-garis putih sesuai goresan yang dilakukan pada tangan anda sendiri. Hal tersebut sebenarnya merupakan hasil dari suatu respon tubuh kita yang sering disebut dengan reaksi garis putih (white reaction). 

Reaksi ini akan lebih terlihat jika menggunakan benda-benda tumpul, seperti pena, pensil, penggaris,dsb. Untuk durasinya, biasanya reaksi ini akan memakan waktu sekitar 5-15 detik  pada lengan kita dimulai saat kita mulai menggoreskannya dengan benda tumpul sebelum menghilang atau memerah nantinya.

Reaksi garis putih disebabkan oleh turunnya aliran darah pada lengan kita sebagai akibat dari terkontraksinya sfingter prekapiler yang terdapat pada lengan kita. Sfingter prekapiler sendiri merupakan bagian dari pembuluh kapiler yang mengatur aliran darah pada pembuluh kapiler itu sendiri. Lalu, apa itu pembuluh kapiler?? Pembuluh kapiler itu merupakan bagian dari pembuluh darah yang menghubungkan arteriol (pembuluh darah nadi terkecil) dan venula (pembuluh darah balik terkecil).

Ilustrasi pembuluh darah dalam tubuh sumber: greelane.com 
Ilustrasi pembuluh darah dalam tubuh sumber: greelane.com 

Perlu kita ketahui, pembuluh nadi (arteri) adalah salah satu jenis dari pembuluh darah yang berfungsi untuk membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Sebaliknya, pembuluh balik (vena) sesuai namanya adalah salah satu jenis pembuluh darah yang berfungsi untuk membawa darah kembali dari seluruh tubuh menuju jantung. Dua pembuluh darah ini merupakan pembuluh darah yang essensial dalam menjalankan fungsi dari sistem sirkulasi dalam tubuh kita. 

Oleh karena itu, setelah kita telah memahami hal-hal ini, jangan merasa aneh jika terlihat garis putih nantinya selama 5-15 detik sebagai akibat dari goresan benda tumpul/tangan kita karena hal tersebut merupakan hasil dari reaksi garis putih (white reaction)

"Carilah ilmu walaupun hanya untuk melihat rahasia kecil dalam dunia ini karena dengan adanya ilmu akan menambah kebijaksanaan dalam berucap maupun bertindak"

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x