Mohon tunggu...
Viska KholifatulUmmah
Viska KholifatulUmmah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Universitas Negeri Malang

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Berkontribusi Nyata dengan Pasang Plang di Beberapa Tempat Umum Desa Badegan Kabupaten Ponorogo

25 Juli 2021   18:58 Diperbarui: 25 Juli 2021   19:06 18 1 0 Mohon Tunggu...

Badegan - Plang petunjuk arah mempunyai fungsi sebagai pemberi informasi mengenai arah dari sebuah tempat. Tujuan pembuatan plang adalah untuk mengenalkan fasilitas-fasilitas yang ada di Desa Badegan kepada masyarakat luas serta pengguna jalan. Pembuatan plang petunjuk arah ini sebagai wadah untuk menjaga serta mempergunakan fasilitas-fasilitas yang ada di Desa Badegan secara baik.

Mahasiswa KKN UM 2021 berkoordinasi dengan Kepala Desa Badegan, Bapak Didik Suyanto. Beliau memberikan list tempat-tempat umum yang ada di Desa Badegan yang perlu untuk dipasang plang petunjuk arah. Tempat-tempat tersebut antara lain TK Badegan, Posyandu, Madrasah Diniyah/TPA, Balai Desa, Relawan, Mushola, dan Masjid yang ada di Desa Badegan.

Tim KKN UM Desa Badegan telah melakukan survei untuk tempat pemasangan plang. Bentuk survei yang kami lakukan yaitu dengan mengadakan kegiatan kerja bakti membersihkan musholla dan masjid yang ada di Desa Badegan. Kegiatan kerja bakti tersebut dilaksanakan secara rutin setiap hari minggu. Kegiatan dilaksanakan dibantu dengan masyarakat sekitar serta babinsa Badegan.

Setelah berkoordinasi dengan Kepala Desa Badegan, Mahasiswa KKN UM melakukan tahap tracking. Pada tahapan tersebut dilakukan untuk mengetahui jarak titik plang menuju tempat yang akan dituju. Informasi mengenai jarak pada plang petunjuk arah ke suatu tempat yang akan di tuju adalah pokok utama dalam pemberian informasi kepada pengguna jalan. 

Untuk tahapan selanjutnya adalah memproses pembuatan plang untuk tempat-tempat umum tersebut. Dimulai dari mendesign model plang yang akan diberikan. Plang dipasang disertai dengan dokumentasi penyerahan dari Mahasiswa KKN UM kepada masyarakat Desa Badegan. Pemasangan plang dibantu oleh Mayarakat Desa Badegan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN