Mohon tunggu...
Visca
Visca Mohon Tunggu... Lulusan arsitektur Universitas Indonesia, yang walaupun sudah tak berprofesi arsitek, tetap selalu suka menikmati segala bentuk arsitektur. Pernah tinggal di Maroko, Belanda, Thailand, dan tentunya Indonesia.

Traveler. Baker. Crafter.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Kefir, "Superfood" yang Sempat Dirahasiakan Ratusan Tahun Lamanya

26 Februari 2021   12:21 Diperbarui: 27 Februari 2021   05:09 1514 40 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kefir, "Superfood" yang Sempat Dirahasiakan Ratusan Tahun Lamanya
Bulir Kefir (Sumber: dokpri)

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang "Susu Kefir". Susu kefir adalah minuman probiotik yang difermentasi. Sesuai dengan namanya, susu ini dibuat dari "susu" dan "kefir". Susu, sudah pasti kita kenal. Nah berikutnya adalah kefir. Apakah itu kefir?

Kefir dikenal dengan sebutan "Bulir Kefir". Bulir ini tercipta di alam dan bukan buatan manusia. Bulir kefir adalah mikro-organisme yang hidup. Walaupun disebut Bulir, namun bukan dalam artian bulir secara harafiah. 

Bulir kefir merupakan koloni simbiosis antara bakteria dan ragi (ragi adalah mahkluk hidup bersel satu yang tergolong dalam fungi) dalam matriks protein dan lipid/lemak. Tak ada yang tahu pasti dimana dan kapan bulir kefir ini pertama kali muncul.

Ada yang berteori bulir ini ada sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Namun, terdapat kesimpulan dan kesepakatan bersama bahwa bulir ini berawal dari daerah Pegunungan Utara Kaukasus.

Susu kefir ini memiliki cerita yang sangat menarik. Ada legenda di antara orang-orang Islam yang tinggal di lereng utara Pegunungan Kaukasus bahwa Nabi Muhammad memberikan bulir kefir kepada umat Kristen Ortodoks dan mengajari mereka cara menggunakannya. Sehingga di daerah ini, bulir kefir dikenal dengan sebutan "Bulir Nabi". 

Keberadaan bulir ini dirahasiakan oleh mereka, karena mereka percaya bahwa bulir ini akan kehilangan potensinya jika penggunaannya menjadi pengetahuan umum. 

Bulir kefir ini diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Memilikinya sama dengan memiliki harta kekayaan, sehingga bulir ini dijaga ketat dengan ketat.

Secara tradisional, susu kefir dibuat dengan mencampur susu segar dan bulir kefir di dalam kantong yang terbuat dari kulit kambing dan dibiarkan selama seharian untuk proses fermentasinya. 

Orang akan meminum susu tersebut secara rutin dan tak lupa menambahkan susu kembali ke dalam kantong tersebut, sehingga membentuk siklus fermentasi yang berkelanjutan. 

Orang-orang di wilayah Kaukasus Utara terkenal karena umur mereka yang panjang. Daerah ini merupakan salah satu daerah dengan proporsi centenarian tertinggi di dunia. Susu kefir adalah salah satu makanan pokok di wilayah ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x