Mohon tunggu...
Visca
Visca Mohon Tunggu... Lulusan arsitektur Universitas Indonesia, yang walaupun sudah tak berprofesi arsitek, tetap selalu suka menikmati segala bentuk arsitektur. Pernah tinggal di Maroko, Belanda, Thailand, dan tentunya Indonesia.

Traveler. Baker. Crafter.

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Bratislava, Kota yang Memilih Patung sebagai Pemandu Wisatanya

4 Desember 2020   13:37 Diperbarui: 4 Desember 2020   18:13 955 24 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bratislava, Kota yang Memilih Patung sebagai Pemandu Wisatanya
St. Elizabeth Church yang lebih dikenal dengan nama Blue Church karena warna bangunan yang biru seluruhnya. Sumber: dokpri

Bratislava adalah ibukota dari Slovakia. Slovakia adalah pecahan dari negara Cekoslowakia. Posisinya yang berada di antara dua negara besar, yaitu Hongaria dan Republik Ceko membuatnya ideal sebagai perjalanan pulang hari dari kedua negara tersebut. 

Bratislava tidak sebesar dan seterkenal Budapest ataupun Praha. Namun, karenanya Bratislava menjadi tempat yang lebih tenang dan mudah dijelajahi. Kota tuanya sangat indah. 

Banyak bangunan-bangunan tua dan bersejarah yang menjadi bukti atas berbagai peristiwa penting yang terjadi di Bratislava. Diantaranya, Katedral St. Martin yang dibangun pada abad ke 13 dan menjadi tempat penobatan hampir dari 20 raja dan ratu, Kastil Bratislava, kastil indah di atas bukit yang berdiri sejak abad ke-9, juga Gereja St. Elizabeth yang terkenal karena keunikan warnya yang keseluruhan biru. 

Berjalan kaki menyusuri jalan-jalan di kota tua ini, selain bangunan, kita juga akan berpapasan dengan patung-patung perunggu seukuran orang. Patung-patung ini ekspresif. Membuat orang ingin tahu apa yang hendak diceritakan oleh mereka.

Patung Tentara Napoleon

Napoleon dan pasukannya menyerbu Bratislava pada tahun 1805. Patung tentara ini konon adalah patung salah satu anggota pasukan yang memilih tetap tinggal di Bratislava karena jatuh cinta dengan seorang wanita setempat. 

Ia kemudian menciptakan anggur soda yang paling popular di Slovakia. Tentara ini memiliki nama: Hubert. Nama yang juga merupakan nama merk anggur soda paling terkenal di Slovakia.

Patung Tentara Napoleon. Sumber: Traceofwar.com
Patung Tentara Napoleon. Sumber: Traceofwar.com
Patung Schone Naci

Satu-satunya patung yang terbuat dari perak (bukan perunggu seperti patung-patung lainnya). Patung ini menggambarkan orang yang benar-benar ada. Namanya Ignac Lamar

Nama panggilannya Schone Naci, yang hidup antara tahun 1897-1967. Tunangannya dikirim ke kamp konsentrasi Nazi dan meninggal di sana. Schone Naci menjadi depresi dan menghabiskan harinya dengan berkeliling di alun-alun kota, selalu riang, tersenyum dan mengangkat topinya.  Dari patung ini kita tahu bahwa pasukan Nazi sampai ke Slovakia. 

Pada tanggal 15 Maret 1939, pasukan Jerman bergerak ke Cekoslowakia. Mereka mengambil alih Bohemia, dan mendirikan protektorat atas Slovakia. Bratislava menjadi ibukota Negara Bagian Nazi Slovakia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN