Mohon tunggu...
Visca
Visca Mohon Tunggu... Lulusan arsitektur Universitas Indonesia, yang walaupun sudah tak berprofesi arsitek, tetap selalu suka menikmati segala bentuk arsitektur. Pernah tinggal di Maroko, Belanda, Thailand, dan tentunya Indonesia.

Traveler. Baker. Crafter.

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Panduan Lengkap Jalan Sendiri ke Avatar Mountain, Termasuk Tempat Makan Halal

16 Oktober 2020   13:38 Diperbarui: 16 Oktober 2020   17:43 210 23 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Panduan Lengkap Jalan Sendiri ke Avatar Mountain, Termasuk Tempat Makan Halal
Pemandangan dari Cable Car Tianzi Mountain | Sumber: Dokumentasi pribadi

Avatar. Salah satu film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa, sebelum dikalahkan oleh Avenger. Film science fiction ini menggambil setting waktu di tahun 2154, dimana diceritakan manusia pada masa itu membangun koloni di sebuah planet yang dinamakan Pandora. 

Manusia mencari mineral langka yang ada di Planet Pandora untuk mengatasi masalah ekologi di Planet Bumi. 

Salah satu yang membuat film ini menjadi fenomenal adalah penggunaan teknologi 3D yang canggih. Film ini berhasil membuat visualisasi yang membuat orang terpana, terutama dalam hal penggambaran Planet Pandora. 

Bagi yang sudah menonton, mungkin masih ingat penggambaran Hallelujah Mountain, sebuah pulau apung, berbentuk pilar dari bebatuan yang menjulang tinggi. 

Hallelujah Mountain ini terinspirasi dari pilar-pilar bebatuan di Zhangjiajie National Forest Park. Terletak di bagian utara provinsi Hunan, Taman Nasional seluas 12.000 are ini terkenal akan keunikan bentuk bebatuannya yang menjulang tinggi dan ditumbuhi oleh dedaunan. 

Pilar bebatuan ini terbentuk karena erosi alam. Dari sekian banyak pilar, ada satu pilar yang istimewa, yaitu "The Southern Sky Column" yang tingginya mencapai 1080 meter. Pilar inilah yang menginspirasi James Cameron, sang sutradara film Avatar ini. Begitu terkenalnya, sehingga tempat ini dikenal dengan nama Avatar Mountain.

Mengunjungi Avatar Mountain merupakan impian bagi sebagian orang. Banyak yang memutuskan untuk mengambil paket tur ke sana, salah satunya karena kekhawatiran tidak bisa berkomunikasi di Cina. Sebetulnya, jalan sendiri ke Avatar Mountain sangat bisa dilakukan dan mudah. 

Tentunya dengan melakukan persiapan matang. Dengan jalan sendiri, kita bisa lebih menikmati sesuai dengan ritme kita. Berhenti lebih lama di tempat yang kita sukai, atau melewatkan tempat-tempat yang kurang menarik perhatian kita. 

Jalan sendiri tentunya kita harus mempersiapkan semuanya sendiri. Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut adalah beberapa persiapan yang menurut saya perlu dipertimbangkan.

Avatar Mountain | Sumber: Airpano.com
Avatar Mountain | Sumber: Airpano.com
Transportasi ke Zhangjiajie

Zhangjiajie bisa dicapai dengan bus, kereta ataupun pesawat. Saya memilih pesawat, dengan pertinbangan waktu. Zhangjiajie hanya memiliki satu bandara, namanya Zhangjiajie Hehua International Airport. Bandara ini terletak di kota Zhangjiajie.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x