Mohon tunggu...
Visca
Visca Mohon Tunggu... Lulusan arsitektur Universitas Indonesia, yang walaupun sudah tak berprofesi arsitek, tetap selalu suka menikmati segala bentuk arsitektur. Pernah tinggal di Maroko, Belanda, Thailand, dan tentunya Indonesia.

Traveler. Baker. Crafter.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Selama Bulan Juli, Rakyat Thailand Memakai Baju Kuning Setiap Hari, Ini Sebabnya

10 Juli 2020   12:12 Diperbarui: 10 Juli 2020   12:06 101 14 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selama Bulan Juli, Rakyat Thailand Memakai Baju Kuning Setiap Hari, Ini Sebabnya
Sumber: Tasteofthailandfoodtours.com

Kita terbiasa menyebutnya Thailand. Namun sebetulnya, nama lengkap Thailand adalah Kerajaan Thailand. Thailand adalah negara kerajaan konstitusional, dimana Raja adalah kepala negara dan Perdana Menteri menjadi kepala pemerintahan. Dan karena Thailand adalah negara Budha, Raja juga menjadi pelindung dari agama Budha dan memimpin upacara keagamaan yang penting-penting.

Raja menempati posisi istimewa bagi rakyat Thailand. Mungkin masih banyak yang ingat bagaimana rakyat Thailand berkabung hingga 1 tahun lamanya ketika Raja Bhumibol Adulyadej (Raja Rama IX) mangkat. Sosok Raja yang walaupun simbolik, namun kata-katanya masih didengar dan sanggup meredakan krisis yang beberapa kali menerpa Thailand.

Rakyat Thailand sangat menghormati segala yang berhubungan dengan Raja. Salah satu contohnya adalah ketika Raja berulang tahun. Raja Thailand sekarang ini adalah Raja Rama X. Beliau berulang tahun pada tanggal 28 Juli dan hari lahirnya adalah hari Senin.

Di Thailand, setiap hari memiliki warnanya masing-masing, dan untuk hari Senin, warnanya adalah kuning. Karenanya selama bulan Juli, rakyat Thailand banyak yang mengenakan baju warna kuning. Walaupun memang ada panduan dari pemerintah Thailand bagaimana cara merayakan ulang tahun Raja, seperti mendekorasi rumah, tempat kerja dan kantor pemerintah dengan foto Raja bersama dengan bendera kerajaan di sisi kirinya dan bendera nasional di sisi kanannya, juga pegawai pemerintahan memakai baju kuning selama sebulan penuh, namun rakyat Thailand memakainya bukan karena kewajiban tetapi karena rasa cinta dan hormat kepada Raja.

Mengapa setiap hari memiliki warna masing-masing? Hal ini berhubungan dengan keagamaan. Walaupun sekarang rakyat Thailand mayoritas beragama Budha, dulunya tidak demikian. Pada saat Kerajaan Khmer berkuasa dari sekitar tahun 802 hingga 1431, daerah kekuasaannya di Asia Tenggara cukup besar dan mencakup wilayah Thailand. Kerajaan Khmer, yang sekarang ini adalah negara Kamboja, menganut agama Hindu. Agama Hindu pun menyebar di Thailand. Dalam agama Hindu, setiap hari didedikasikan untuk dewa tertentu dan memiliki warna masing-masing.

Dewa Dewi Hindu dalam satu minggu. Sumber: Vedicfeed.com
Dewa Dewi Hindu dalam satu minggu. Sumber: Vedicfeed.com

Hari Minggu adalah hari Dewa Surya, dewa matahari. Warna untuk hari ini adalah merah.

Hari Senin didedikasikan untuk Dewa Shiva. Warna untuk hari ini adalah putih

Hari Selasa didedikasikan untuk Dewa Ganesha, Dewi Kali dan Dewa Hanuman. Warna untuk hari ini adalah merah atau orange

Hari Rabu didedikasikan untuk Dewa Vithal dan Dewa Krishna. Warna untuk hari ini adalah hijau.

Hari Kamis, didedikasihkan untuk Dewa Vishnu. Warna untuk hari ini adalah kuning.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x