Mohon tunggu...
Visca
Visca Mohon Tunggu... Lulusan arsitektur Universitas Indonesia, yang walaupun sudah tak berprofesi arsitek, tetap selalu suka menikmati segala bentuk arsitektur. Pernah tinggal di Maroko, Belanda, Thailand, dan tentunya Indonesia.

Traveler. Baker. Crafter.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Oat Fiber, Bahan Pangan Nol Kalori yang Kaya akan Manfaat

28 Februari 2020   12:58 Diperbarui: 28 Februari 2020   16:00 2049 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Oat Fiber, Bahan Pangan Nol Kalori yang Kaya akan Manfaat
Ilustrasi sarapan dengan campuran gandum utuh.(Shutterstock)

Kita pasti sudah kenal dengan yang namanya "Oatmeal", bahan pangan yang identik dengan gaya hidup sehat. Tentunya julukan ini bukan tanpa dasar. 

Oatmeal memang memiliki berbagai manfaat. Oatmeal berasal dari Oat yang mengandung zat pati pelindung jantung yang disebut beta-glukan yang membantu menurunkan kolesterol dan membantu mengurangi risiko kanker tertentu. Oat juga kaya akan kandungan serat, yang membuat kenyang lebih lama, dan karenanya (mungkin) dapat terhindar dari godaan ngemil

Bila manfaatnya sudah tahu, ada baiknya pula bila kita mencoba memahami sedikit tentang Oat. Oat adalah tanaman yang tergolong dalam jenis serelia, yang dikenal dalam Bahasa ilmiahnya "Avena Sativa"

Yang kita ambil dari tanaman oat adalah bulirnya. Bulir oat sendiri terdiri atas beberapa bagian. Bagian paling luar, berupa "Hull/Kulit Ari". Kemudian lapisan berikutnya, adalah "Bran". Di bawah Bran terdapat "Endosperm" dan "Germ/bakal biji"

Sumber: Slideshare.net
Sumber: Slideshare.net
Masing-masing bagian oat memiliki kandungan nutrisi. Bran merupakan sumber serat dan mengandung Vitamin B kompleks, mineral dan phytonutrient (phytonutrient adalah zat kimia alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit dan membantu tubuh bekerja lebih baik). 

Sedangkan Endosperm, merupakan sumber energi, karena mengandung karbohidrat kompleks. Juga mengandung vitamin B kompleks dan protein. Dan Germ, merupakan sumber utama asam lemak, vitamin E, Vitamin B kompleks dan antioksidan.

Sekarang kita coba lihat proses pengolahannya. Seperti telah disebutkan sebelumnya, bagian yang diambil dari oat adalah bulirnya. Proses pertama, adalah melepaskan kulit ari dari bulir oat. Bulir tanpa kulit ari ini dikenal dengan sebutan "whole oat groats". Dari whole oat groats, ada beberapa pilihan proses berikutnya. 

Pilihan pertama, bulir dipotong menjadi "steel cut oat grain". Pilihan kedua, bulir dibuat menjadi serpihan "oat flake". Pilihan ketiga, bulir dihaluskan menjadi "oat flour"

Dalam proses awal, setelah kulit ari dilepas, terkadang bran juga dilepas. Bran dihaluskan dan dikenal dengan sebutan "oat bran". Jadi dalam memilih "whole oat groats", juga harus memperhatikan apakah masih mempunyai bran atau tidak. 

Banyak orang yang memilih oat bran dibanding bentuk lainnya, karena oat bran memiliki nutrisi yang kurang lebih sama, namun kalorinya lebih rendah. 

Sebagai ilustrasi, 1 cangkir oat biasa yang sudah dimasak, memiliki 166 kalori, 6 gram protein, 3.6 gram lemak, 28 gram karbohidrat, 4 gram serat dan 0.63 gr gula. Sedangkan 1 cup oat bran yang sudah dimasak memiliki 88 kalori, 7 gram protein, 1.9 gram lemak, 25 gram karbohidrat dan 5.7 gram serat. (sumber: healthyeatingsfgate.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x