Mohon tunggu...
Visca
Visca Mohon Tunggu... Lulusan arsitektur Universitas Indonesia, yang walaupun sudah tak berprofesi arsitek, tetap selalu suka menikmati segala bentuk arsitektur. Pernah tinggal di Maroko, Belanda, Thailand, dan tentunya Indonesia.

Traveler. Baker. Crafter.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Lupakan Diet Bila Jalan ke India

23 Agustus 2019   11:08 Diperbarui: 24 Agustus 2019   16:50 0 5 2 Mohon Tunggu...
Lupakan Diet Bila Jalan ke India
Sumber: dok. pribadi

Incredible India! Slogan yang dipakai untuk mempromosikan pariwisata India. India memang incredible. Memang luar biasa. Sebagai salah satu peradaban tertua di dunia, India menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan.

Sebut saja, kunjungan ke Taj Mahal, sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia. Atau ikut partisipasi di Holi atau festival of colors, dimana orang saling menyiram air berwarna. Pasti menjadi pengalaman unik tak terlupakan.

Perayaan yang sepertinya "main-main", sebetulnya punya makna mendalam. Dimaksudkan sebagai tanda datangnya musim semi dan menikmati warna-warni musim semi. Atau mencoba kuliner India yang sudah mendunia.

Rasanya yang khas dan unik, pasti akan meninggalkan kesan mendalam. Aktivitas terakhir ini merupakan aktivitas yang paling saya nikmati selama di India.

Makanan India merupakan jenis makanan yang terkenal di dunia. Rasanya hampir di setiap Negara bisa kita jumpai restoran India dengan mudah. Orang pun banyak yang kenal dan hafal dengan berbagai nama jenis makanannya. Sebut saja nasi Biryani. Atau ayam Tandoori. Juga Chapatti. Mengapa banyak yang menyukainya? Tentunya karena rasanya yang memang enak. 

Salah satu yang membuat makanan India enak dan khas adalah penggunaan rempah yang beragam. Sederet rempah digunakan untuk membuat Biryani. Mulai dari garam masala, jahe, kunyit, jinten, ketumbar sampai kayu manis.

Bila ingin membuat Tandoori, pastikan mempunyai garam masala, kunyit, lada, jahe, bubuk bawang putih, bubuk bawang bombay dan bubuk cabai. Bila melihat menu di restoran India, pasti akan sering melihat kata "masala", yang ternyata artinya rempah.

Dan bila sering mencari resep masakan India, pasti akan juga sering bertemu dengan bahan yang namanya "garam masala". Pastinya itu bukan garam yang sering kita pakai untuk memberi rasa asin, tetapi garam masala adalah campuran berbagai rempah. Karena begitu banyaknya rempah yang dipakai, dan seperti umumnya dalam urusan masak memasak, ada beberapa rempah-rempah yang selalu digunakan.

Kalau di Indonesia biasanya kita sebut dengan istilah bumbu inti, yang merupakan bumbu dasar. Tinggal ditambah dengan beberapa jenis bahan lainnya, bisa menghasilkan berbagai jenis makanan.

Garam masala ibarat seperti bumbu inti. Terdiri atas campuran dari berbagai rempah, yaitu ketumbar, jinten, kapulaga, lada hitam, pala, kayu manis dan cengkeh.

Garam masala sendiri berarti rempah panas (Garam artinya panas dan masala artinya rempah). Sesuai dengan namanya, garam masala dimaksudkan untuk meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan metabolisme.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x