Mohon tunggu...
Mauraqsha
Mauraqsha Mohon Tunggu... Wiraswasta - Staff Biasa di Aviasi.com

Penggemar Aviasi namun terjun di Pariwisata, berlayar pilihan pertama untuk liburan, homestay dan farmstay piihan pertama untuk penginapan.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

BWB Pesawat Penumpang Masa Depan

9 April 2022   10:40 Diperbarui: 9 April 2022   10:40 748
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Pesawat Model BWB (foto : NASA/Tony Landis via Wikimedia Commons)

BWB Konsep Pesawat Penumpang
Sejak awal perkembangan penerbangan komersil, pesawat penumpang mulai dari yang bermesin baling baling hingga jet serta dari yang berbadan kecil hingga lebar, umumnya terdiri dari badan pesawat berbentuk tabung dan sayap (tube-and wing airframe), akan tetapi ini akan berubah dimasa mendatang dengan penerapan konsep pesawat BWB atau Blended Wing Body pada pesawat penumpang dan kargo.


Beberapa pihak ternasuk pabrik pesawat dalam beberapa tahun terakhir ini sudah mulai mengembangkan konsep in untuk pesawat penumpang komersil baik melalui riset ataupun melalui pesawaat model sebagai demonstrator.

Sejarah dan Perkembangan
Sejarah dan perkembangan konsep BWB ini dapat dikatakan dimulai sejak tahun 1920 an ketika seorang penemu asal Rusia bernama Nicolas Woyevodsky mengembangkan teori Blended Wing Body dan melakukan serangkaian tes pada wing tunnel untuk menguji aerodinamis nya, setelah sukses pada pengujian tersebut Nicolas menyerahkan konsep tersebut ke pabrik pesawat di Inggris yaitu Westland Aircraft yang kemudian membangun pesawat Westland Dreadnought pada tahun 1924.


Pada penerbangan pertamanya tanggal 9 Mei 1924 pesawat kehilangan kendali dan stalled dan jatuh dari ketinggian 30 meter dan mengakibatkan luka parah pada pilotnya yang juga kehilangan kedua kakinya akibat meloncat dari pesawat pada kecelakaan tersebut. Westland Aircraft kemudian tidak meneruskan project ini.


Beberapa pihak kemudian melanjutkan konsep BWB ini seperti pabrik pesawat Miles Aircraft asal Inggris dengan M.26 dan M.30 serta pabrik  pesawat Mcdonnell Aircraft dengan XP-67 Bat nya untuk Angkatan Bersenjata Amerika namun semuanya tidal berlanjut pada proses produksi.


NASA juga mulai meneliti konsep BWB ini sejak tahun 1990 an serta melakukan project N+3  dan juga dengan bekerjasama dengan beberapa pihak dalam pembangunan pesawat model demonstrator seperti BWB X-45, X-48, X-48 B dan X-48C oleh Boeing serta dengan Stansford University pada BWB 17.


Pabrikan Tupelov asal Rusia juga sudah memikirkan untuk mengembangkan pesawat BWB dengan konsep mereka yaitu TU-404 yang dapat mengangkut hingga 1200 penumpang serta dapat menempuh jarak hingga 13.000 km namun tidak berlanjut dan hanya hingga proses proposal.


Pabrik Lockheed Martin juga akan mengembangkan pesawat tanker dengan konfigurasi BWB untuk Angkatan Udara Amerika dengan program KC-Z, pesawat tanker ini diharapkan sudah dapat mendukung operasional pesawat tempur LM- 22 dan F-35 pada tahun 2035.


Perusahaan DZYNE Technology asal Amerika juga mengembangkan pesawat BWB untuk pesawat bisnis (Corporate) dan juga penumpang komersil dengan keberadaan pintu pintu emergency yang lebih dekat dari kursi penumpang yaitu per 10 row sedangkan pada pesawat komersil umumnya per 25 row.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun