Mohon tunggu...
Mauraqsha
Mauraqsha Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pelaku Wisata

Alam Rumahku

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Peranan Nama Domain dan Website GEO bagi Pelaku Usaha Wisata

6 Desember 2021   06:01 Diperbarui: 6 Desember 2021   06:08 93 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Eksistensi Domain Negara Tuvalu (Sumber: Verisign.com)

Nama domain memang memegang peranan penting bagi semua usaha karena mempresentasikan branding usaha sekaligus sebagai kehadiran usaha kita di dunia maya.

Jika di ilustrasikan dengan keadaan dunia nyata atau offline seperti  kita memiliki nama perusahaan sendiri yang tertera di Akte Perusahaan namun biaya yang dikeluarkan untuk nama domain lebih rendah sekitar U$ 9-$ 125 per tahun tergantung dari eksistensi nama domain tersebut seperti  misalnya eksistensi domain com, net, org dan lainnya.

Ada jenis nama domain serta eksistensi domain yang mempresentasikan sebuah lokasi bisa Negara, kabupaten, kota, desa, sungai, gunung dan lainnya dimana ini dinamakan dengan Geo Domain.

Eksistensi nama domain yang mempresentasikan lokasi misalnya dot US untuk Amerika, dot IT, untuk Itali, ID untuk Indonesia, dot TV untuk Negara Tuvalu dan lainnya.

Nah Geo domain juga memainkan peranan penting bagi yang memang ingin mempresentasikan lokasi tersebut atau memiliki usaha dalam bidang wisata misalnya .

Mengapa domain penting ?

Pertama adalah dengan melihat cara-cara orang mencari informasi di internet yang biasanya dilakukan dalam tiga cara yaitu :

  • Mencari di mesin pencari dengan memasukan kata kunci atau lokasi yang ingin dicari
  • Mengetik langsung nama domain lokasi di address bar browser misalnya Indonesia.com
  • Meng klik tautan dari sebuah website lain yang mengarah kepada domain/website yang kita cari.

Kedua adalah Geo Domain biasanya merupakan Exact Match Domain (EMD) dimana nama domain yang kita miliki sama atau sesuai dengan nama atau kata kunci nya misalnya ketika orang mencari informasi tentang Indonesia maka nama domain Indonesia.com adalah sama dengan kata kunci tersebut.

Ketiga karena dengan memiliki Geo Domain dari sebuah lokasi seperti menjadi pengelola dari lokasi tersebut karena ketika kita membangun website dari domain tersebut maka segala informasi yang dibutuhkan orang tentang lokasi tersebut  sehingga dengan demikian kita bisa menjaring sebanyak-banyaknya potensi pelanggan kita dari para pengunjung website kita.

Salahkah memiliki dan mengembangkan Geo Domain ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan