Mohon tunggu...
Virda ArlienFebrianthi
Virda ArlienFebrianthi Mohon Tunggu... Virda AF

1999

Selanjutnya

Tutup

Finansial

APBD yang Dikeluarkan Oleh Pemkab Sidoarjo untuk Pembangunan Frontage Road

12 Juli 2019   18:12 Diperbarui: 12 Juli 2019   18:13 0 0 0 Mohon Tunggu...

Frontage Road merupakan sebuah konsep pengembangan jalan yang berbasis jalur cepat dan jalur lambat. Saat ini pemkab sidoarjo tengah gencar untuk membangun frontage road yang berada di Waru--Gedangan-Buduran. Seperti kita ketahui jalan sepanjang Waru-Gedangan-Buduran sering mengalami kemacetan khususnya pada jam-jam kerja, Dengan adanya frontage road ini diharapkan dapat meminimalisir kemacetan yang sering terjadi di daerah tersebut. Dalam pembangunan frontage road masih terdapat kendala-kendala.

Mengenai anggaran, APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Sidoarjo tahun 2019 ditetapkan sebesar Rp 4,8 Triliun tentunya nilai tersebut naik dibandingkan dengan APBD tahun 2018 yang sebesar Rp 4,4 Triliun. Dengan APBD sebesar Rp 4,8 Triliun tersebut menjadi prioritas untuk pengalokasian dana belanja daerah pada tahun 2019 salah satunya yaitu untuk infrastruktur. Untuk pembiayaan frontage road tahun 2018 dialokasikan sebesar Rp 128 Miliar, tetapi untuk tahun 2019 akan dialokasikan sebesar Rp 150 Miliar yaitu, Rp 100 Miliar untuk pembangunan dan Rp 50 Miliar untuk lanjutan dari pembebasan lahan.

Tetapi meskipun APBD telah digelontorkan namun pembangunan masih saja mengalami kendala-kendala. Kendala ini salah satunya yaitu pembebasan lahan milik warga, milik perusahaan dan instansi lain. Warga sempat menolak nilai appraisal karena dianggap nilai apparaisal atas lahan mereka terlalu kecil, oleh karena itu pemkab melakukan apparaisal ulang.

Frontage road sepanjang 9,2 KM yang menghubungkan jalan Waru-Gedangan-Buduran pemkab Sidoarjo mengharapkan tahun 2020 pembangunan telah selesai dan siap untuk menanggulangi kemacetan yang memang sering terjadi di daerah tersebut.

Virda Arlien Febrianthi

Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo