Mohon tunggu...
Virda Aulia
Virda Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen-Universitas Pamulang

Jika Tuhan membawamu ke suatu perjalanan maka ia akan membantumu untuk melewatinyaβ™₯πŸ•Š

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menghadapi Ulasan Positif dan Negatif pada Bisnis Online, Bagaimana Caranya?

10 Desember 2022   05:22 Diperbarui: 10 Desember 2022   11:07 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Virda Aulia, Mahasiswa Universitas Pamulang (sumber gambar: Virda Aulia)

Pada kegiatan jual beli online, calon konsumen akan dihadapkan dengan berbagai risiko dan tidak dapat menilai secara langsung suatu barang atau jasa apakah sesuai keinginannya atau tidak, Sebagai konsumen sebelum melakukan transaksi belanja online sudah menjadi hal wajib Β untuk mencari tahu informasi-informasi dari produk yang ingin di beli, hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko yang akan terjadi, seperti penipuan seller ataupun barang yang tidak sesuai dengan yang ditawarkan. pada hampir semua situs perbelanjaan online memiliki fitur ulasan/rating pada fitur inilah calon konsumen dengan mudah Β dapat mengakses informasi lebih tentang suatu produk dari pengalaman pembeli sebelumnya.

Seseorang dapat mengambil keputusan Β ketika ia memiliki dua atau lebih alternatif pilihan, nah dalam pengambilan keputusan ini ada indikator yang mempengaruhinya, menurut (Kotler dan Keller, 2009) indikator keputusan pembelian diantara-Nya, meliputi:

  • Pembelian produk, yaitu konsumen mengambil keputusan untuk membeli produk atau menggunakan uangnya untuk hal lain.
  • Pembelian merek, yaitu konsumen mengambil keputusan terkait merek mana yang akan dibeli
  • Pembelian saluran, yaitu pembeli harus mengambil keputusan penyalur mana yang akan dikunjungi
  • Penentu waktu pembelian, yaitu keputusan konsumen terkait kapan konsumen tersebut akan melakukan pembelian
  • Jumlah pembelian, yaitu konsumen mengambil keputusan berapa banyak produk yang akan dibelinya pada suatu waktu

Dalam perbelanjaan online review atau ulasan dari konsumen sangat berpengaruh pada keputusan pembelian belanja online, calon konsumen akan cenderung memilih membeli produk di situs yang ulasan atau review Nya positif.

Setiap kali konsumen menulis ulasan tentang produk kita artinya mereka juga membantu menyebarkan berita tentang bisnis kita, pada dasarnya calon konsumen akan lebih percaya pernyataan dari konsumen sebelumnya dari pada mempercayai campaign atau iklan iklan yang kita buat, sebagai pelaku usaha kita tidak boleh acuh terhadap ulasan konsumen, karena ini juga menjadi alternatif penghubung antara pelaku usaha dan konsumen atau calon konsumen dengan baik, dari output review konsumen kita bisa memahami apa yang unggul dari produk yang kita tawarkan, apa yang menjadi kekurangan dari produk yang ditawarkan, entah itu dari kualitas produk, ataupun kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang kita berikan, review konsumen ini juga bisa menjadi fokus kita untuk terus berinovasi dan memperbaiki bisnis kita agar menjadi lebih baik ke depannya.

pastinya ulasan yang kita terima untuk sebuah produk/jasa yang kita tawarkan terkadang tidak semuanya baik, namun ada beberapa hal yang dapat kita terapkan ketika mendapat ulasan yang kurang baik, beberapa diantaranya, yaitu:

  • Harus menerima apapun ulasan yang disampaikan konsumen
  • Respon dengan baik konsumen yang memberikan ulasan
  • jangan menanggapi ulasan buruk saat sedang emosi, karena cara anda menanggapi, jika salah itu akan berdampak juga untuk calon pembeli selanjutnya, respon ulasan negatif tersebut ketika anda siap dan sedang tidak emosi.
  • Jangan mudah terbawa emosi ketika menghadapi konsumen yang memberikan ulasan buruk, dan jadikan itu evaluasi untuk kemajuan usaha kedepannya
  • Jangan egois dan selalu merasa benar, Cobalah untuk melihat situasi dari sudut pandang konsumen mengapa ia bisa sampai memberikan ulasan negatif tersebut.

dan tidak semua ulasan harus Anda tanggapi, sebelum merespon ulasan konsumen, Anda hendaknya menganalisis seberapa relevankah ulasan ini terhadap bisnis Anda? dan cobalah untuk selalu merespon ulasan positif seperti dengan mengucapkan terima kasih dan sejenisnya, agar konsumen lebih merasa dekat dengan Anda.

sekian artikel ini saya buat, saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan.

penulis:

Virda Aulia

Mahasiswa Program Studi manajemen S-1Β 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun