Mohon tunggu...
Elvira Makuba
Elvira Makuba Mohon Tunggu... Administrasi - senang berbagi

Senang berbagi informasi menarik. www.virapapua.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penulisan Buku Eksotika Papua Torang Bisa

20 September 2021   08:54 Diperbarui: 20 September 2021   08:55 84 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penulisan Buku Eksotika Papua Torang Bisa
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penulisan Buku  Exotika Papua Torang Bisa saat ini sedang dalam tahap  penulisan. Buku tersebut dirancang untuk persembahan istimewa bagi pribadi unggul dan berprestasi yang didedikasikan untuk PON Papua. Melihat informasi yang terdapat di flyer, rencana penulisan buku tersebut dilatar belakangi kondisi Kawasan Timur Indonesia yang masih dikategorikan wilayah termiskin. Provinsi Papua dan Papua Barat merupakan Provinsi termiskin di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik, garis kemiskinan pada Maret 2021 tercatat sebesar Rp.472.525,00/kapita/ bulan Dari data secara khusus untuk Provinsi Papua presentase penduduk miskin adalah 26, 86  % sedangkan untuk Provinsi Papua Barat adalah 21, 84%  . Nyata kedua nilai presentasi tersebut jauh melebihi presentasi garis kemiskinan kemiskin di seluruh Indonesia yaitu 10, 14  persen. 

Di dalam rencana penulisan buku sudah tertera judul dan untuk setiap bab bersama dengan Sub bab. Beberapa sub bab berjudul Menjadi Indonesia,  Komitmen KeIndonesiaan.  Membangun Pendidikan di Papua, membangun ekonomi di Papua, Strategi  membangun Desa dan Masyarakat Tangguh, Ekonomi dan Politik pada intinya penulisannya ditujukan untuk mendorong percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat dan lain -- lain. Sebagai generasi milenial di Papua, ketika melihat judul -- judul tersebut penulis sangat berharap bahwa fokus pembahasan di dalam buku tersebut menekankan peran milenial dan generasi Z Papua di dalam setiap  Sub bab buku tersebut. Karena generasi milenial dan generasi Z jumlahnya dominan berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan oleh BPS tahun 2020. Menurut data Badan Pusat Statistik Generasi milenial di Provinsi Papua Barat  sebanyak 32,42% dan generasi Z sebanyak 18,5 persen dari jumlahpenduduk 1.134.068 jiwa. Hasil sensus penduduk Provinsi Papua tahun 2020 adalah 1,24 juta milenial atau 28, 92 persen dari total populasi dan generasi Z sebanyak 26, 87 persen dari total populasi atau sebanyak 1, 15 juta jiwa berarti apabila ditotal Generasi milenial dan generasi Z berjumlah,2,39 juta dari total populasi   dari 4, 30 juta jumlah penduduk. Gnerasi Y dan Z mendominasi kependudukan di dua  Provinsi dan Papua Barat. Fokus harus diberikan karena generasi milenial adalah aktor pembangunan begitu juga dengan generasi Z yang saat ini mulai menjadi aktor pembangunan  yang harus aktif berkontribusi dalam pembangunan.

Penulis sebagai bagian dari generasi milenial memahami bahwa generasi milenial di Papua mengalami perkembangan yang sangat signifikan di dalam mendorong pelaksanaan pembangunan. Dalam pemahaman secara umum, generasi ini juga melaksanakan pembangunan berdasarkan pada metode Appreciative Inquiry. Generasi milenial Papua memiliki pemahaman membangun Generasi milenial dalam  memberikan peran terhadap hal  - hal diatas umumnya tidak umumnya tidak mendapat pengaruh dari luar tetapi dari dalam diri mereka sendiri yang memang hidup di dalam negara Indonesia dengan belajar dari situasi yang ada di Papua dan situasi yang ada di luar Papua hal tersebut tentunya disebabkan karena adanya generasi milenial maupun generasi  Z telah mengalami peningkatan di  dalam hal Sumber Daya Manusia sebagaimana data dari Badan Pusat statistic bahwa terdapat peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dalam tahun -- tahun belakangan ini. Peningkatan di dalam hal kualitas SDM  merupakan hasil dari upaya pemerintah dan masyarakat itu sendiri  untuk peningkatan IPM tersebut. Upaya pemerintah yang terus menerus mendorong melalalui berbagai Bidang juga tidak dapat disangkal karena sangat besar berpengaruh. Namun hal terpenting adalah keinginan untuk berkembang tersebut lahir dari keinginan positif masyarakat berdasarkan penemuan potensi diri mereka sendiri dan penilaian prestasi yang telah dicapai. Alasan saya menyebutkan bahwa generasi milenial di Papua terlibat di dalam pembangunan bukanlah tanpa alasan. Salah seorang bagian dari generasi milenial di Papua merupakan pendiri Homestay pertama di Raja Ampat pada tahun 2008.  Pada saat itu pemerintah belum memperhatikan untuk upaya pendirian homestay dan dalam tahun -- tahun berikutnya pemerintah memperhatikan upaya homestay tersebut dan apabila melihat kepada berita hingga sekarang jumlah homestay di Raja Ampat sangat meningkat dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat. Di dalam rangka menyambut PON XX Papua generasi milenial Papua dan generasi Z sangat antusias di dalam pelaksanaan PON XX .  Di dalam berbagai Bidang generasi milenial sangat berperan untuk menyokong pelaksanaan PON tersebut. Secara khusus di Bidang pembangunan Ekonomi yang mana juga merupakan tujuan dari pelaksanaan PON XX tersebut, generasi ini sangat antusias menyiapkan segala usaha. Hal tersebut sangat nampak di Kota Jayapura maupun kota -- kota lain di Papua.

Banyak sekali generasi milenial yang bergerak sendiri untuk membangkitkan usaha -- usaha ekonomi kecil mapun. Generasi ini bergerak secara sendiri maupun di alam komunitas. Salah satu contoh yang menunjukkan pergerakkan generasi milenial secara seniri adalah seperti yang digallakan oleh  PT. Papua Muda Inspiratif dimana anak -- anak muda didukung untuk menjalankan usaha. Komunitas seperti ini sangat penting sekali. Karena kalangan milenial sangat memahami kekurangan dan kelebihan dan dapat saling terkoneksi dengan cepat dengan adanya perkembangan teknologi. Bukan saja kalangan milenial tetapi juga kalangan dari generasi Z. Semua ini tampak jelas bahwa semangat pembangunan yang sedang berkobar di dalam kalangan milenial ini adalah pembangunan yang berfokus kepada pendekatan appreciative inquiry.

Semangat pembangunan yang sedang berkobar ini didukung oleh pemerintah Pusat. Dan sebenarnya peran pemerintah itu sangat besar di dalam membangun milenial. Dan sebagai salah satu bagian dari kalangan milenial saya menilai bahwa  Keputusan Presiden Joko Widodo untuk menempatkan staff khusus presien dari kalangan milenial Papua sangat tepat. Karena dengan demikian kaum milenial merasakan bahwa Pemerintan sangat memberi focus kepada  pembangunan di berbagai Bidang oleh kalangan Milenial yang secara tidak langsung merupakan upaya untuk persiapan generasi  Z menjadi aktor pembangunan yang handal  nantinya. .

Di dalam bidang Pendidikan kaum milenial di Papua  tidak duduk diam melihat kondisi yang ada dengan peran bersama kaum milenial dari luar Papua lainnya bersama -  sama melalui program pemerintah maupun melalui program non pemerintah mereka bersama sama turut menyumbangkan untuk membangun kualitas pembangunan di Papua. Salah satu contoh yang saat ini sedang marak di dalam pemberitaan adalah Yayasan Kitong Bisa.

Selanjutnya adalah peran milenial dalam hal pembangunan politik. Generasi milenial Papua saat ini ada generasi milenial yang sangat cerdas. Untuk menyumbangkan kepada pembangunan generasi milenial ini benar -- benar mengabaikan situasi negatif yang sedang ada di sekitar mereka tetapi mereka berusaha untuk fokus kepada hal yang positif, berdasarkan pandangan mereka yang positif. Bagaimana dengan generasi Z, generasi Z tergolong generasi yang suka ikut -- ikutan. Apabila lingkungan mereka menuntun focus mereka kepada hal A mereka akan focus kepada itu dan apabila lingkungan mereka mengajak mereka untuk focus kepada hal B mereka juga akan memberikan fokus terhadap itu. Sebagai aktor pembangunan kita perlu menolong generasi milenial maupun generasi Z untuk benar -- benar fokus pada potensi positif mereka untuk membangun dengan bersama -- sama berkontribusi untuk  terciptanya kondisi politik yang aman di Papua. Karena dengan melihat peran milenial berkontribusi dalam kondisi politik saat ini di Papua kita perlu sadari bawa untuk mendukung peran milenial serta serta generasi  Z agar tercapai pembangunan untuk memberantas kemiskinan, kondisi politik  yang aman merupakan salah satu hal yang sangat penting

Harapan saya buku Exotika Papua Torang Bisa disusun dengan menekankan pada Sumber Daya Manusia Papua yaitu kaum milenial yang sedang beramai -- ramai berusaha membangun dengan fokus kepada Metode appreciative inquiry di dalam upaya -- upayanya secara bersama di dalam satu komunitas, organsasi maupun secara individual dan tentu dengan demikian akan menolong generasi Z untuk meniru kontrubusi generasi milenal ke depan. . Harapan saya lainnya yang sangat penting juga adalah kalangan milenial Papua dan generasi  Z membuat buku untuk meramaikan PON Papua dan menyampaikan upaya -- upaya untuk pembangunan Papua yang sudah mereka pikirkan dan mereka laksanakan karena sebagai generasi Y atau generasi milenial penulis menilai bahwa pergerakan milenial di Papua saat ini sangat berarti di dalam mendukung pembangunan secara khusus pembangunan untuk meningkatkan pembangunan di berbagai Bidang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan