Mohon tunggu...
Vira Yuniar
Vira Yuniar Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Pamulang

Membaca adalah napas hidup dan jembatan emas ke masa depan.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19

22 Juni 2021   09:11 Diperbarui: 22 Juni 2021   14:00 321 0 0 Mohon Tunggu...

     Bagaimana strategi pemasaran UMKM dimasa pandemi covid-19 yang efektif? Disini saya akan membahasnya secara lengkap.

Adanya wabah covid-19 maka semakin banyak bisnis UMKM yang semakin merosot keuntungannya, bahkan ada yang harus menutup usahanya. Namun disisi lain tidak sedikit pebisnis yang sukses dalam usahanya dimasa covid-19. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Karena pebisnis tersebut mengerti bagaimana caranya untuk mengembangkan bisnisnya di masa-masa penyebaran covid-19, salah satunya yaitu dengan melakukan promosi-promosi di media sosial.

     Pemasaran dan UMKM merupakan dua bagian yang saling terikat dan tidak dapat dipisahkan. Hal ini dikarenakan, semua kegiatan termasuk UMKM perlu melakukan kegiatan pemasaran agar produk yang ditawarkan dapat diketahui oleh konsumen. Setiap UMKM tentunya memerlukan cara atau strategi dalam melakukan pemasarannya. Oleh sebab itu, kita terlebih dahulu harus mengetahui apa itu UMKM. 

UMKM adalah salah satu sektor usaha produktif baik perorangan maupun badan usaha yang memenuhi kriteria sebagai usaha mikro kecil atau menengah.

Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UMKM di masa pandemi covid-19

     Strategi pemasaran adalah upaya yang dilakukan dengan menggunakan pola atau teknik untuk memasarkan produk kepada pelanggan dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

Berikut beberapa fungsi dan tujuan dari strategi pemasaran antara lain:

1. Fungsi strategi pemasaran:

  • Memberikan motivasi
  • Meningkatkan efektivitas dalam kegiatan pemasaran
  • Menetapkan tujuan pemasaran
  • Mengontrol kegiatan pemasaran

2. Tujuan strategi pemasaran:

  • Menjadikan kualitas koordinasi dalam kegiatan pemasaran antara individu atau kelompok meningkat.
  • Meningkatkan kemampuan perusahaan untuk dapat menghadapi dan menyesuaikan diri dengan perubahan kondisi pemasaran di masa yang akan datang.

Setelah melihat begitu pentingnya suatu UMKM menciptakan strategi pemasaran, maka berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh UMKM, antara lain:

  1. Menciptakan produk yang sedang dibutuhkan di masa pendemi covid-19. Produk yang ditawarkan dapat berupa masker, ataupun makanan dan minuman. Hal ini tentunya bertujuan agar produk yang ditawarkan mampu bersaing dengan produk pesaing.
  2. Memanfaatkan berbagai media pemasaran yang ada. Saat ini, media pemasaran khususnya yang berbasis online menjadi media paling ampuh dalam memasarkan produk, hal ini dikarenakan media pemasaran berbasis online dapat menjangkau konsumen dengan wilayah yang luas serta tidak terbatas ruang dan waktu.
  3. Pada strategi pemasaran dimasa pandemi covid-19, pastikan keamanan dan kebersihan produk saat melakukan promosi penjualan. Ketika kita menerapkan konsep keamanan dan kebersihan produk, hal ini dapat membuat konsumen semakin percaya bahwa produsen memang meminimalkan segala risiko penularan covid-19.
  4. Memberikan harga promo.  Dengan memberikan harga promo kemungkinan besar konsumen akan merasa tertarik untuk membelinya, namun tetap harus dengan kualitas yang baik agar pelanggan tidak merasa kecewa.
  5. Targetkan pelanggan setia. Pebisnis memang harus terus mencari pelanggan baru, namun pebisnis juga harus berfokus juga pada pelanggan yang pernah bertransaksi dengan usaha kita. Pelanggan yang setia pasti sudah percaya dengan produksi yang dihasilkan dan mereka akan terus setia selama kita tetap mempertahankan kualitas dan kuantitas produk.


VIDEO PILIHAN