Mohon tunggu...
Viorien Kristanti
Viorien Kristanti Mohon Tunggu... mahasiswa jurusan ilmu komunikasi

UNIKA Soegijapranata

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Orang yang Terkena Covid-19 Dapat Sembuh dengan Sendirinya?

31 Desember 2020   19:30 Diperbarui: 31 Desember 2020   21:20 60 0 0 Mohon Tunggu...

Sudah kita ketahui bahwa virus covid-19 pertama kali berada di Wuhan, China pada bulan Desember 2020. Covid-19 ini juga diketahui bahwa penularan pertamanya muncul di sebuah pasar, kemudian menyebar secara cepat. Pada tanggal 9 Maret 2020, World Health Organization (WHO) telah meresmikan bahwa covid-19 sebagai pandemi.

Virus covid-19 dinyatakan pandemi dan bukan epidemi karena virus corona telah menyebar secara luas dan tidak terkendali. Penyebaran covid-19 dilalui dengan (partikel kecil) droplet, udara, permukaan yang terkontaminasi, dan lain-lain.

Penularan melalui droplet yaitu orang yang sedang batuk, bersin, berbicara tanpa ditutup. Saat melakukan hal tesebut, udara yang keluar dari hidung atau pun mulut mengeluarkan partikel-partikel kecil atau droplet ini melayang di udara dan bisa menyebabkan penyebaran virus corona melalui udara.

Sedangkan penyebaran melalui permukaan yang terkontaminasi yaitu saat seseorang yang positif covid-19 menyentuh barang, batuk atau bersin dan terkena benda-benda di sekitarnya, maka benda tesebut sudah tekontaminasi oleh covid-19 dan virus ini bertahan selama beberapa hari di benda tersebut.

Di Indonesia pada bulan Mei tahun 2020, ada beberapa kota yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar disebut juga dengan PSBB untuk mengharuskan masyarakatnya berdiam diri di rumah agar mengurangi penyebaran virus ini.

Pada bulan Juni 2020, pemerintah melakukan New Normal yaitu dengan cara mematuhi protokol kesehatan ketika berpergian ke luar rumah. Tetapi masih ada beberapa orang yang tidak menaati protokol kesehatan atau pun ada yang tidak percaya dengan adanya covid-19 ini. Walaupun begitu tetaplah patuhi protokol kesehatan untuk keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

Masing-masing orang mempunyai gejala Covid-19 yang berbeda-beda. Gejala yang paling umum yaitu demam, batuk kering, dan kelelahan. Kemudian gejala lainnya yaitu nyeri tenggorokan, diare, hilangnya indra penciuman, dan ruam kulit.

Sedangkan gejala yang serius yaitu kesulitan bernafas, nyeri di dada, dan hilangnya kemampuan berbicara maupun bergerak, gejala ini diharuskan untuk mendatangi rumah sakit untuk proses penyembuhannya.

Orang dengan gejala yang termasuk ringan, bisa melakukan perawatan mandiri di rumah, tetapi jika tidak kuat, maka disarankan untuk pergi ke rumah. Gejala-gejala ini biasanya timbul 5-6 hari setelah terinfeksi tetapi ada juga yang bisa sampai 14 hari setelah terkena virus baru merasakan gejalanya.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan covid-19. Yang pertama yaitu, menjaga imunitas tubuh dengan cara berolahraga di rumah, tetap aktif bergerak walaupun berada di dalam rumah. Kedua, sering mencuci tangan dengan sabun untuk membunuh virus.

Selanjutnya, jika sedang batuk atau bersin, sebaiknya menutupinya dengan tisu atau lengan bagian atas. Keempat, hindari keramaian dan jaga jarak kurang lebih 1-2 meter. Kelima, hindari menyentuh area muka karena virus sangat mudah masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut. Dan yang terkahir, gunakan masker saat berpergian ke luar rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN