Mohon tunggu...
Viona AsariPutri
Viona AsariPutri Mohon Tunggu... Lainnya - Belum bekerja

Saya adalah orang yang santai, suka tantangan, dan tidak mudah menyerah.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menuju Indonesia yang Lebih Baik

5 Juli 2022   23:17 Diperbarui: 5 Juli 2022   23:32 109 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Indonesia merupakan sebuah negara yang bisa dibilang masih tertinggal oleh negara- negara yang lainnya. Padahal jika dilihat dari kondisi geografis dan geologisnya, Indonesia mempunyai banyak keunggulan daripada negara yang lain. Hal ini disebabkan dari kurang optimalnya pengelolaan Sumber Daya Alam yang dimiliki oleh Indonesia. 

Sumber Daya Manusia di Indonesia juga masih kurang berkualitas. Untuk menjadi Negara yang lebih baik harus ada suatu perubahan yang harus dilakukan, contohnya yaitu sistem pendidikan di Indonesia. Ada beberapa hal dari sistem pendidikan di Indonesia yang harus diubah untuk bisa membuat negara ini ke arah yang lebih baik.

Pendidikan di Indonesia masih terbilang jauh dibandingkan dengan negara lainnya. Hal ini disebabkan karena pendidikan di Indonesia kurang mengarahkan pada passion dan skill yang dimiliki oleh setiap orang. 

Sistem pendidikan di Indonesia mengharuskan siswa untuk bisa menguasai semua mata pelajaran yang ada dan mata pelajaran yang diajarkan itu sangat banyak. Tentunya untuk bisa menguasai semuanya pasti akan sangat sulit. 

Hal ini menyebabkan siswa menjadi bingung mau fokus ke arah mana karena pelajaran yang disuguhkan sangat banyak dan dituntut untuk bisa semuanya. 

Sebaiknya siswa itu diberi kebebasan dalam memilih pelajaran apa yang akan mereka pelajari nantinya. Sehingga para pelajar akan terhindar dari rasa malas untuk belajar dan memudahkan mereka untuk fokus ke bidang yang disenangi. Tidak semua pelajar mampu dan berminat untuk mempelajari semuanya. 

Lebih baik mendalami dan ahli dalam satu bidang daripada hanya sekedar bisa dalam semua bidang secara umum tapi tidak mendalami dan tidak ahli. Kan banyak pelajar yang mudah lupa tentang mata pelajarannya setelah liburan kenaikan kelas. 

Lalu untuk apa, belajar sulit -- sulit tetapi ilmu tersebut tidak digunakan. Kan lebih baik belajar tentang bidang yang diminati dan ilmunya akan terus dipakai dan bahkan bisa diterapkan untuk berkontribusi ke masyarakat nantinya.

Kurangnya penekanan pada bidang yang ingin dituju membuat banyak siswa bingung dalam menentukan pilihan bidang apa yang diminati. Banyak orang Indonesia yang berminat ke SMA daripada SMK, bahkan saya sendiri dulu berpikir bahwa SMA itu lebih bagus daripada SMK yang nantinya akan bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Tapi masalahnya, banyak lulusan dari perguruan tinggi yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan masih bingung mengenai kesesuaian jurusan yang diambil. 

Banyak orang lulusan dari perguruan tinggi yang pekerjaannya bisa dibilang setara dengan lulusan SMK. Oleh karena itu, perlu penekanan adanya bidang yang harus dikuasai, contohnya di SMK. 

Mereka sudah bisa menentukan minat apa yang diambil dan punya skill untuk siap kerja di lapangan. Seharusnya pendidikan di Indonesia bisa menekankan mengenai minat apa yang harus diambil agar punya pandangan untuk pekerjaan yang diambil, jangan buat pendidikan yang ditempuh untuk ajang pergengsian semata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan