Mohon tunggu...
Violita Febyana
Violita Febyana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Fill what you needs, not what you want!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

"Closed Terrarium" Konsep Tanaman Self Sustainable

27 Desember 2020   14:48 Diperbarui: 27 Desember 2020   15:26 379 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Closed Terrarium" Konsep Tanaman Self Sustainable
Terrarium milik Uyun (Foto:Violita Febyana)

“Apa itu Terrarium?” benak orang yang masih awam terhadap cara menanam tumbuhan. Salah satunya yaitu terrarium, apa sih terrarium itu? Terrarium berasal dari Bahasa Latin terra (bumi) dan arium (wadah atau tempat). 

Terrarium dapat dikatakan sebagai tanaman miniatur (kecil) yang dapat di kembangkan hanya dalam wadah kecil dan tertutup seperti toples. Meskipun kecil, terrarium termasuk ekosistem tumbuhan yang berfungsi penuh. 

Sebagian besar terrarium dapat hidup mandiri dengan cara menyiram diri sendiri melalui transpirasi dan kondensasi. “Terrarium adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah saya, dengan konsep menyatu dengan alam akan lebih menghidupkan suasana rumah” Uyun sebagai penggemar terrarium. 

Saat ini terrarium merupakan salah satu tren yang ada di Indonesia bahkan penjuru dunia untuk memanfaatkan waktu luang di rumah bersama keluarga. bukan hanya sebagai hiasan saja, namun Terrarium dapat dijadikan sebagai hobi yang mampu menghasilkan uang.

Awal mula munculnya terrarium adalah sebab dari kecelakaan botani di Victoria London. Pada tahun 1842 seorang petani di London menemukan banyak serangga, sehingga dengan inisiatif petani tersebut dia melakukan pengamatan terhadap perilaku serangga dengan meninggalkan sebuah spora pakis di dalam toples. 

Setelah beberapa hari ditinggalka, petani tersebut melihat hasil dari pengamatan dia terhadap serangga yang ternyata sebuah spora pakis tersebut tumbuh berkecambah menjadi tanaman dan toples ini menghasilkan terrarium pertama. 

Ternyata dari kecelakaan tersebut menjadikan terrarium sebagai tren di Victoria hingga di impor ke Sydney. Dari hasil eksperimen tersebut menunjukkan bahwa tanaman dapat ditutup rapat tanpa ventilasi akan tetap berkembang secara menerus.

Salah satu variasi terrarium yaitu closed terrarium. Closed Terrarium merupakan penghasilan dari hutan hujan tropis yang dapat memungkinkan kita menumbuhkan semua jenis tanaman eksotis dalam rumah kita sebagai hiasan dan kenyamanan penghuni rumah. 

Bagaimana sih cara menanam menggunakan konsep closed terrarium? Untuk closed terrarium akan berkembang dengan sendirinya (Self Sustainable) jika diberi kondisi sempurna. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN