Mohon tunggu...
Violita Amalia Putri
Violita Amalia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Hai!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Konsep Gelombang Elektromagnetik dalam Komponen Kehidupan

4 Desember 2021   23:20 Diperbarui: 4 Desember 2021   23:27 127 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pembahasan mengenai gelombang elektromagnetik merupakan salah satu aspek penting dalam kesatuan ilmu pengetahuan. Gelombang elektromagnetik atau dapat disebut juga radiasi elektromagnetik diartikan sebagai gelombang yang tidak memerlukan media untuk merambat. Gelombang elektromagnetik ini memiliki banyak sifat yaitu merupakan gelombang transversal, merambat tanpa media, mengalami pembiasan, mengalami pemantulan, dll.

Gelombang elektromagnetik memiliki 7 (tujuh) spektrum yaitu gelombang radio, gelombang mikro, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar x, dan sinar gamma dengan manfaat masing-masing yang berperan dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaannya pun beragam menurut bidangnya. Dalam bidang kesehatan atau medis, beberapa spektrum dalam gelombang elektromagnetik digunakan dalam pengobatan bentuk rontgen ataupun pembunuhan bakteri. Adapun dalam bidang teknologi, spektrum dalam gelombang elektromagnetik digunakan di berbagai alat rumah tangga salah satunya microwave dan remot kontrol. Salah satu spektrum gelombang elektromagnetik yaitu sinar ultraviolet juga memiliki kegunaan yang sangat penting bagi tumbuhan untuk melakukan fotosintesis menghasilkan keturunan.

Oleh karena itu, gelombang elektromagnetik sangat berperan penting bagi setiap komponen di kehidupan tanpa terkecuali. Fungsi serta kegunaan dapat menjadi suatu pembelajaran mengenai gelombang elektromagnetik yang merupakan salah satu aspek ilmu pengetahuan serta teknologi harus dimengerti intisari dan hakikatnya dalam pelaksanaan di kehidupan untuk pemahaman yang lebih baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan