Mohon tunggu...
Viola Wahyuni
Viola Wahyuni Mohon Tunggu... Kranji Paciran lamongan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Reading

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Apa Sih Anatomi Otak Itu?

6 Maret 2021   09:10 Diperbarui: 6 Maret 2021   09:17 114 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Sih Anatomi Otak Itu?
Dok. pribadi


Kalian tau apa anatomi otak itu?

Anatomi otak adalah otak yang mempunyai beberapa bagian-bagian otak, yaitu otak besar, otak depan, otak tengah, dan otak kecil.


Sistem saraf meliputi 0tak dan sumsum tulang belakang. Keduanya merupakan organ yang sangat lunak, dengan fungsi yang sangat penting, yaitu mengatur dan mengendalikan semua aktivitas tubuh.


Sistem saraf pusat berfungsi sebagai pusat koordinasi. Sistem saraf pusat terdiri atas otak, sumsum lanjutan, dan sumsum tulang belakang.


1.Otak besar (cerebrum)
Otak besar terdiri dari empat lobus, yaitu lobus oksipitalis, lobus temporalis, lobus parietalis, dan lobus frontalis.


a)Lobus oksipitalis merupakan bagian belakang, berperan sebagai pusat penglihatan.
b)Lobus temporalis merupakan bagian samping, berperan sebagai pusat pendengaran.
c)Lobus parietalis merupakan bagian depan, berperan sebagai pusat pengaturan kulit dan Gerakan otot yang berhubungan dengan rangsangan tekanan, sentuhan, panas, dan dingin.
d)Lobus frontalis merupakan bagian antara belakang dan depan, berperan sebagai pusat perkembangan, kecerdasan, dan ingatan.


Otak besar terdiri atas belahan kiri dan belahan kanan. Belahan kiri mengatur tubuh bagian kanan. Sebaliknya, belahan kanan mengatur tubuh bagian kiri. Otak besar terdiri atas lapisan luar (korteks) dan lapisan dalam (medula). Otak besar berfungsi sebagai pusat pengendali berbagai aktivitas tubuh yang disadari, yaitu berpikir, kemauan, ingatan, mendengar, membau, bergerak dan melihat.


2.Batang otak (brainstem)
Berada di depan cerebellum dan merupakan bagian-bagian yang terhubung dengan sumsum tulang belakang. Bagian otak ini mengandung serabut saraf yang berfungsi membawa sinyal ke dan dari seluruh bagian tubuh.


3.Otak kecil (cerebellum)
Otak kecil terdiri atas sisi sebelah kanan dan kiri. Belahan kanan dan belahan kiri dihubungkan oleh jembatan varol, yang terletak dibagian depan otak kecil. Otak kecil berfungsi untuk mengatur Gerakan otot dan mengatur keseimbangan posisi tubuh.


4.Thalamus
Thalamus merupakan bagian otak manusia yang berada dipaling tengah atau diatas batang otak. Struktur otak ini bertindak sebagai penjaga gerbang untuk pesan yang melewati antara sumsum tulang belakang dan belahan otak. Thalamus berfungsi untuk menerima dan meneruskan ilmpuls yang datang dari saraf perifer dan meneruskan ke pusat sensorik dibagian korteks otak.


5.Hipothalamus
Hipothalamus merupakan struktur kecil yang juga berada diotak tengah, tepatnya dibawah thalamus. Bagian otak ini. Hipotalamus berperan sebagai pengatur suhu, rasa mengantuk, emosi, dan tekanan darah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN