Mohon tunggu...
Viola Wahyuni
Viola Wahyuni Mohon Tunggu... Kranji Paciran lamongan

Reading

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apa sih yang dimaksud konsep dasar minat belajar?

1 Desember 2020   19:17 Diperbarui: 1 Desember 2020   19:35 35 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa sih yang dimaksud konsep dasar minat belajar?
minat-belajar-5fc638606e38331864036132.jpg


Yuk kita akan kepoin tentang konsep dasar minat belajar

Menurut beberapa ahli disimpulkan bahwa minat belajar itu merupakan kecendrungan seseorang untuk memperhatikan dan tertarik kepada sesuatu dengan kemauan kuat, umpamanya dengan adanya fasilitas belajar yang memadai, maka minat siswa dalam belajar akan meningkat.

Pengertian minat belajar

Salah satu faktor utama untuk mencapai sukses dalam segala bidang, baik pendidikan, kerja, hobi atau aktivitas apapun adalah minat, hal ini dikarenakan dengan tumbuhnya minat dalam diri seseorang akan melahirkan perhatian untuk melakukan sesuatu dengan tekun dalam jangka waktu yang lama, lebih berkonsentrasi, mudah untuk mengingat, dan tidak mudah bosan dengan apa yang dipelajarinya.

Minat belajar merupakan landasan bagi seseorang untuk melakukan kegiatan dengan baik. Sebagai suatu aspek kejiwaan minat bukan saja dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang, tetapi juga dapat mendorong orang untuk tetap melakukan dan memperoleh sesuatu, karena minat belajar terdiri dari dua suku kata, yaitu minat dan belajar.

Pengertian minat

Minat dalam kamus bahasa Indonesia memiliki makna kecendrungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Secara sederhana, minat (interest) berarti kecendrungan atau kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu.

Menurut Tohirin menyatakan bahwa minat adalah kecendrungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan.

Menurut Crow mengatakan bahwa minat berhubungan dengan gaya gerak yang mendorong seseorang untuk menghadapi atau berurusan dengan orang lain, benda, kegiatan,. Pengalaman, yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri.

Pengertian belajar

Secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perubahan perubahan tersebut akan nyata dalam seluruh aspek tingkah laku, pengertian belajar dapat didefinisikan sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x