Mohon tunggu...
VIOLA BELLAADELIA
VIOLA BELLAADELIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I feel safe, calm, and at peace

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelayanan Semakin Mudah, Warga Senang karena Pulang Membawa Solusi

9 Desember 2022   03:21 Diperbarui: 9 Desember 2022   03:31 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

      Telah resminya kegiatan pelayanan sayang warga yang dilakukan  pada hari selasa dan hari jumat di Balai RW. Kegiatan pelayanan sayang warga ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Adanya peningkatan pelayanan ini turut serta dilaksanakan oleh Kelurahan Ngiden Jangkungan. Seperti yang sudah dijelaskan oleh Walikota Surabaya yaitu penyebaran informasi tidak hanya berhenti pada pemerintahan saja, tetapi penyebarannya dapat dilakukan hingga paling rendah yaitu masyarakat. Selain pada pelayanan sayang warga ini memberikan dampak semakin dekatnya antara Kelurahan, RW, RT, hingga ke masyarakat setempat.

     Pelayanan sayang warga ini dilaksanakan setiap hari selasa pukul 18.00 hingga pukul 20.00 WIB. Jika dilihat dari jam pelayanannya akan mempermudah bagi pemohon yang terkendala untuk datang ke Kelurahan Nginden Jangkungan dan dapat melakukan permohonan di Balai RW yang dibuka oleh Kelurahan Nginden Jangkungan. Pelayanan sayang warga di hari selasa ini sangat mendapat respond positif dari warga Nginden Jangkungan sendiri karena pelayanan dilakukan dimalam hari, lebih dekat, dan tentunya warga menjadi terbantu. Selain pada hari selasa, ada juga kegiatan pelayanan sayang warga tersebut di hari Jumat yaitu pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB. Terkait pelayanan yang dilakuan pada hari Jumat juga mendapat antusias yang cukup banyak oleh warga Nginden Jangkungan

dokpri
dokpri

  Pelayanan sayang warga yang dilaksanakan oleh Kelurahan Nginden Jangkungan ini mencakup Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Keluarga, Keperluan terkait ahli waris, BPJS, surat domisili, dan terkait konsultasi dan informasi. Dapat dilihat jika varian pelayanan ini tidak kalah lengkap dengan pelayanan yang dilakukan di Kelurahan seperti biasanya. Untuk kegiatan pelayanan sayang warga di hari jumat biasanya selain ada di Balai RW ada juga di Kelurahan Nginden Jangkungan. Hal ini dilakukan agar ketika ada pemohon yang sudah terlanjur melakukan konsultasi atau mengajukan permohonan di Kelurahan masih terlayani. 

     Kelurahan Nginden Jangkungan tidak lupa memberikan informasi terkait jadwal pelayanan sayang warga ini kepada kader, RT, maupun RW. Tujuan adanya penyebarluasan informasi ini yaitu agar warga mengetahui dan jika membutuhkan bisa langsung mengunjungi Balai RW. Antusias dari warga sangat terlihat di seluruh RW, mereka berbondong-bondong untuk segera melengkapi data kependudukan mereka. Data kependudukan yang sering dilakukan oleh warga di Kelurahan Nginden Jangkungan ini yaitu pembaharuan Kartu Keluarga yang berbarcode. Peran RT, RW, dan kader dalam penyebarluasan terkait pentingnya merubah Kartu Keluarga berbarcode ini membuat kesadaran dari warga disana menjadi tinggi. Jika mengalami kekurangan data biasanya kami membantu untuk melengkapinya dengan cukup  melalui media sosial yaitu WhatsApp. Jadi, ketika ada kekurangan pihak kelurahan tidak sungkan membagikan nomor pribadinya untuk dihubungi warga. Kejadian ini semakin membuat antusias warga karena program ini nyatanya sangat mempermudah warga karena tidak perlu ke memberikan kekurangan data tersebut ke Kelurahan. Selain itu pemberian nomor ini akan membantu warga yang memang terkendala dari segi kendaraan. 

     Pihak Kelurahan Nginden Jangkungan juga selain memberikan pelayanan biasanya membawa dokumen warga yang sudah jadi dan siap diambil. Dokumen yang dibawa ini telah disesuaikan oleh RW dan telah dihubungi secara pribadi. Jadi, ketika kegiatan pelayanan warga selain berkonsultasi, membuat permohonan juga dapat mengambil berkas mereka yang sudah jadi. Selain memberikan informasi secara pribadi biasanya juga di informasikan kepada setiap RT jika data penduduknya siap diambil di pelayanan sayang warga dengan menyebutkan data-data siapa saja yang sudah jadi. Kegiatan ini tentunya sangat-sangat mempermudah masyarakat dalam memenuhi data kependudukannya. 

dokpri
dokpri

    Pelayanan sayang warga ini sendiri sangat menguntungkan bagi warga yang memang sudah lanjut usia dan keterbatasan dalam kendaran, waktu, dan masih banyak lagi. Hal tersebut dikarenakan adanya peran yang turut membantu tidak hanya dari Kelurahan saja, tetapi dari RT maupun RW yang memang turut serta dalam penyebaran informasi. Selain itu, bagi remaja yang memang memilki gadget juga dapat dipandu dengan adanya penggunaan klampid ini sendiri agar pemohon lebih dipermudah lagi dalam membuat permohonan. Selain remaja, program pelayanan sayang warga menggunakan aplikasi Klampid New Generation sudah dapat dilakukan secara personal seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu RW yang ada di Kelurahan Nginden Jangkunga. RW tersebut memberikan informasi mengenai penggunaanya seperti apa dan bagaimannya. Sehingga warga menjadi lebih memahami kembali terkait alurnya.

Jika disimpulkan dari respond yang ada di atas tentunya pelayanan sayang warga ini memberikan dampak yang positif bagi wilayah Nginden Jangkungan. Pemohon tidak mengalami kesulitan kembali terkait waktu dan kendala lainnya. Selain itu, bagi lansia juga terbantu dengan adanya pelayanan yang dilakukan dekat dengan rumahnya. Adapun slogan yang tercapai yaitu "Pulang Membawa Solusi".  Warga pulang dengan membawa E-Kitir sebagai bukti jika data sudah diinput dan mengenai berkas jadi pihak Kelurahan Nginden Jangkungan juga akan memberikan informasi secara pribadi kepada pemohon. Selain itu, hal ini akan mengubah pola pikir dari masyarakat yang awalnya mengatakan jika pengurusan data kependudukan ini ribet, susah menjadi pengurusan data kependudukan mudah dan full senyum. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun