Mohon tunggu...
Media

Infografis Suaka Laut Kermadec, Suaka Laut Terbesar di Bumi Belahan Selatan

5 November 2015   19:02 Diperbarui: 5 November 2015   19:37 0 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam kasus ini, penulis akan mengkritisi salah satu infografis yang terdapat dalam Koran Tempo tanggal 3 oktober 2015 halaman 12 yang mana infografis tersebut adalah penyajian data mengenai Suaka Laut Baru Di Perairan Kermadec.

Identifikasi dan Deskripsi

  1. Karya Infografis dalam Koran Tempo edisi no.5055 tanggal 3 oktober tahun 2015 halaman12.
  2. Infografis dibuat untuk menampilkan informasi mengenai salah satu Suaka Laut baru terbesar di dunia.
  3. Terletak di layout kiri bawah dan berbentuk persegi panjang secara portrait.
  4. Ukuran layout infografis 12,7x17,6 cm.
  5. Layout dibagi menjadi 3 bagian secara diagonal. Bagian atas untuk isi materi berita, bagian tengah berisi illustrasi (peta Selandia Baru dan juga penyu), bagian bawah berisi ilustrasi peta dunia beserta keterangannya.

Pesan Visual

 Illustrasi

Illustrasi menggunakan perpaduan antara fotografidan vector. Terdapat illutrasi penyu berupa fotografi dengan ukuran yang cukup besar. Berada di layout bagian kiri tengah yang menghadap kearah peta Selandia Baru. Selain Penyu, juga terdapat illustrasi lainnya berupa vector yakni peta Selandia Baru di bagian tengah dan juga Peta dunia yang berposisikan di bagian bawah.

Di dalam peta Selandia Baru terdapat ikonik gunung berapi berwarna merah yang menjadi keterangan dari pegunungan api bawah laut. Terdapat garis-garis yang menjadi penunjuk dimana letak suaka Laut Karmadec berada dengan garis berwarna merah, sedangkan garis berwarna biru untuk menunjukan batas Zona Ekonomi Eksklusif pulau Selandia Baru.

Peta dunia yang berada di bagian bawah, disertai dengan kotak-kotak warna putih dan jingga, masing-masing kotak menjelaskan keterangan tentang Suaka Laut terbesar yang ada di dunia.

Warna

Warna yang terdapat dalam infografis tersebut adalah warna biru sebagai representasi laut, hijau sebagai representasi daratan, merah sebagai warna ikonik gunung api bawah laut juga keterangan dari letak Suaka-Suaka Laut terbesar di dalam peta, putih dalam kotak segi empat sebagai Penjelas Suaka Laut yang lama dan jingga pada kotak sebagai penjelas Suaka Laut yang baru.

Pesan verbal

Terdapat data verbal yang menjelaskan tentang poin-poin penting informasi. Tipografi dibuat dengan menggunakan sans serif, rata kanan, ukuran 10 point.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x