Mohon tunggu...
Vinka Kristy Andriani
Vinka Kristy Andriani Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik'18

menulis adalah hobiku.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Melihat Perbedaan Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia

14 September 2020   22:19 Diperbarui: 15 September 2020   14:28 200 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melihat Perbedaan Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia
Sumber: https://www.dhakatribune.com/world/2020/05/01/un-expert-criminalization-of-journalism-around-the-world-must-end-now

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata "jurnalisme"?

Menurut KBBI, jurnalisme merupakan suatu pekerjaan mengumpulkan, menulis, mengedit dan mempublikasikan suatu berita. Melalui hal tersebut, terdapat dua perbedaan mengenai jurnalisme, yaitu jurnalisme online dan jurnalisme multimedia. Mari kita bahas satu-persatu.

Jurnalisme Online

Dalam buku yang ditulis oleh Widodo (2020), jurnalisme online merupakan suatu aktivitas jurnalistik yang mana dilakukan secara online. Secara garis besar, jurnalisme online adalah jurnalisme yang memproduksi suatu konten digital, berupa video, audio, dan teks. Lalu, hal tersebut didistribusikan melalui internet. 

Terdapat empat jenis jurnalisme online menurut Deuze (dalam Widodo, 2020), yaitu:

  • Mainstream News sites

Bentuk media online ini menawarkan pilihan editorial content yang disediakan oleh media yang terhubung (linked) atau diproduksi untuk versi Web. Partisipasi pembaca terhadap media online cenderung tertutup atau minimal. Contohnya ialah Kompas.com.

  • Index & Category sites

Pada jenis ini, jurnalis online menawarkan suatu links yang mengarahkan kita ke situs berita yang ada di World Wide Web (WWW). Jenis ini juga sering dikaitkan dengan mesin pencari, seperti Altavista ataupun Yahoo, perusahaan riset pemasaran (Moreover) atau agensi (Newsindex), dan individu yang melakukan usaha (Paperboy).

  • Meta & Comment sites

Jenis ini merupakan situs media berita dan berisikan isu media secara umum. Editorial content kerap kali diproduksi oleh beberapa jurnalis yang mendiskusikan konten lain yang ditemukan di internet.

  • Share & Discussion sites

Share and discussion sites merupakan situs yang memberikan tuntutan publik bagi konektivitas dengan memberikan sebuah platform untuk mendiskusikan konten yang ada di manapun. Pada dasarnya, kesuksesan internet didapatkan dari publik yang ingin berkoneksi atau berhubungan dengan orang lain, dari tingkat global yang tanpa batas.

Jurnalisme Multimedia

Multimedia berarti banyak media. Media terdiri dari teks, foto, video, audio, gambar dan lain-lain. Multimedia merupakan percampuran dari teks, foto, video, audio, grafik, dan interaktivitas yang disajikan pada situs Web. Tujuan dari multimedia ialah menyajikan suatu cerita dengan cara yang menarik dan informatif. Informasi yang ditampilkan merupakan informasi yang melengkapi, bukan mengulangi informasi.

Deuze (dalam Widodo, 2020), mendefinisikan multimedia ke dalam dua cara, yaitu:

  1. Sebagai presentasi paket berita yang menggunakan dua atau lebih format media di website, seperti tulisan, musik, gambar diam maupun bergerak, animasi grafis, dan juga termasuk elemen interaktif dan hipertextual.
  2. Presentasi pada berita yang menggunakan berbagai mediam yang terintegrasi, seperti pada website, usenet newsgroup, email, SMS, MMS, radio, televisi, teletext, koran maupun majalah cetak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN