Mohon tunggu...
Vinka Diaz
Vinka Diaz Mohon Tunggu... Vinka Diaz

Tukang makan dan Hobi nonton drakor

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Hutan Pinus Mangunan

8 April 2021   21:54 Diperbarui: 8 April 2021   22:01 119 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hutan Pinus Mangunan
photo by Vinka Diaz

Indonesia mempunyai banyak tempat wisata yang bermacam -- macam. Di balik itu banyak juga tempat wisata yang belum banyak di ketahui oleh masyarakat Indonesia terutama di daerah Bantul. 

Disana terdapat tempat wisata bernama Hutan Pinus Mangunan atau sering dikenal dengan Hutan Pinus Imogiri karena lokasinya berdekatan dengan Makam raja imogiri. 

Kalau dari pusat kota Yogyakarta, sekitar Malioboro, jaraknya 23 km, ditempuh berkendara 45 menit sampai 1 jam. Kalau dari Terminal Giwangan Yogyakarta 17 km, ditempuh 35-45 menit berkendara. 

Rute ke sini sama dengan ke Kebun Buah Mangunan, ke arah selatan, menyusuri Jalan Imogiri Timur. Hutan ini dikelola oleh RPH Mangunan (Resort Pengelolaan Hutan).

Belum lama ini saya berkunjung ke sana menggunakan sepeda motor. Hutan ini dikelola oleh RPH Mangunan (Resort Pengelolaan Hutan). Jalan menuju ke Hutan pinus mangunan memang sudah lumayan bagus tetapi harus berhati hati karena jalan yang berkelak kelok dan licin. Pada saat itu saya melihat orang  kecelakaan di jalan kearah hutan tersebut dikarenakan kurang berhati hati.

Sesampainya disana udara yang sejuk langsung saya rasakan. Di tambah lagi udara pagi hari yang menambah ketenangan saat berada di sana. Harga tiket masuknya pun tergolong murah yaitu 5000/orang dan 2000 untuk parkir 1 motor, 5.000 (mobil), dan Rp20.000 (bus). Tentu saja saat masuk ke sana di wajib menggunakan masker dan mencuci tangan di tempat yang sudah di sediakan.

Saat pertama masuk kita langsung di suguhkan pemandangan hutan -- hutan pinus yang berdiri kokoh dan rindang. Jalan menuju ke gardu pandang/panggung pun di buat dari kayu yang memudahkan pengunjung untuk berjalan. Serta datap di gunakan untuk berfoto ria. 

Disana juga memiliki fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, gardu pandang, area outbond, panggung dengan kursi-kursi yang dibuat dari kayu dan di tata dengan rapi.

Setelah menikmati pemandangan di tempat duduk kita bisa melanjutkan ke Gardu pandang. Disana pemandangannya jauh lebih indah, di tambah dengan kabut pagi yang menambah kesejukan. Dari atas  sana kita juga bisa melihat keindahan kota jogja. Selain untuk berfoto disana juga cocok untuk pre-weeding tetapi harus membayar sebesar Rp 50.000,00. 

Di hutan pinus kita juga bisa duduk santai untuk menikmati keindahan alam, dan bisa menghilangkan rasa penat atau jenuh setelah melalukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja,kuliah,sekolah,dll. Ada kursi dan panggung di kawasan Hutan Pinus Mangunan yang terbuat dari kayu untuk memperlihatkan ikon dari Hutan Oinus Mangunan itu sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN