Mohon tunggu...
Vini Alvionita
Vini Alvionita Mohon Tunggu... Lainnya - Penulisan Naskah Digital

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Refleksi Perkuliahan Penulisan Naskah Digital (PND)

16 Desember 2020   22:53 Diperbarui: 17 Desember 2020   10:12 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Screenshot berhasil mengirim surat pembaca (dokpri)

Selama kurang lebih satu semester kuliah Penulisan Naskah Digital (PND), banyak dinamika dan pelajaran baru yang saya dapatkan dalam hal menulis digital. Awalnya saya tidak memiliki gambaran akan seperti apa kuliah ini.

Seiring berjalanya waktu, saya mendapatkan beberapa tips menarik dan bermanfaat dalam hal menulis digital. Ternyata menulis digital itu sangat penting di era teknologi yang semakin berkembang. 

Dalam kuliah Penulisan Naskah Digital, saya belajar bagaimana membuat sebuah tulisan yang dapat menarik perhatian khalayak. Saya belajar bagaimana membuat judul tulisan dengan menggunakan kata kunci yang memudahkan khalayak untuk menemukan tulisan kita.

Selain itu, melalui kuliah Penulisan Naskah DIgital ini juga saya mengetahui pentingnya menerapkan SEO agar tulisan kita berada di posisi halaman pertama pencarian. 

Selama kuliah Penulisan Naskah Digital, saya merasa banyak praktek menulis digital. Mata kuliah ini juga yang membawa saya menulis artikel dalam Kompasiana. Selama mata kuliah ini, saya sudah menulis sebanyak 6 artikel pada Kompasiana.

Walaupun masih sedikit viewers dan belum masuk ke dalam artikel terbaik bulanan, namun, banyak hal yang bermanfaat yang dapat saya ambil. Melalui mata kuliah ini, saya belajar bagaimana membuat press release yang baik dan benar.

Saya mempelajari bagaimana mengemas sebuah press release menjadi suatu pemberitaan yang singkat padat jelas. Mata kuliah ini juga mengajarkan saya menulis artikel dengan teknik serta gaya penulisan yang nyaman bagi pembaca. 

Sebelumnya, saya sedikit asing dengan apa itu email marketing. Melalui mata kuliah ini, saya mempelajari bagaimana menulis e-mail marketing. Pada tugas email marketing, saya membuat email yang berisikan ajakan untuk bergabung dalam webinar tentang mental health.

Saya berpikir bahwa email marketing akan berfokus pada visual yang dimuat dalam pesan, tetapi yang ditekankan pada email marketing adalah pesan yang memuat calling for action. Saya mulai memahami bahwa pesan yang dimuat dalam email marketing kemudian mampu menarik khalayak untuk melakukan aksi. 

Mata kuliah ini juga mengajarkan saya menulis surat pembaca. Melalui surat pembaca, saya mengetahui bahwa surat pembaca dapat berisi keluhan pembaca hingga pujian pembaca terhadap suatu hal.

Pada tugas surat pembaca, saya menuliskan keluhan kepada Indihome terkait pelayanan yang diberikan. Kemudian, pada tugas opini pembaca, saya menulis opini pembaca yang ditujukan kepada media Kompas.com untuk diunggah. Namun, sayangnya opini pembaca yang saya kirimkan belum berkesempatan untuk diunggah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun