Mohon tunggu...
Vini Alvionita
Vini Alvionita Mohon Tunggu... Penulisan Naskah Digital

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pascasarjana UAJY Kembangkan Program Studi Multidisiplin

27 Oktober 2020   17:30 Diperbarui: 27 Oktober 2020   17:44 44 0 0 Mohon Tunggu...

Yogyakarta, (22/10/2020) - Saat ini Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mempunyai 7 (tujuh) Program Studi. Adapun Program Studi (Prodi) tersebut, yaitu Magister Manajemen, Magister Hukum, Arsitektur, Magister Teknik Sipil, Magister Informatika, Magister Ilmu Komunikasi, dan Magister Teknik Industri. Program studi tersebut merupakan program studi monodisiplin. Artinya, program studi pascasarjana tersebut hanya menerima mahasiswa dengan latar belakang prodi yang sama. 

Sesuai SK Rektor 15 Agustus 2020, pascasarjana UAJY akan mengembangkan program studi bersifat multidisiplin. Melalui konferensi pers via Zoom 22 Oktober 2020 lalu, selaku Direktur pascasarjana, Dr. Ir. A. M. Ade Lisantono memaparkan bahwa pascasarjana akan mengelola prodi multidisiplin. Ade mengatakan bahwa prodi monodisiplin akan dikelola di bawah fakultas. Pihak pascasarjana telah membentuk tim untuk studi kelayakan prodi.

Pascasarjana UAJY telah merencanakan 5 (lima) program studi multidisiplin, yaitu Kebencanaan, Infrastruktur, Kecerdasan Buatan, Pariwisata, dan Ketahanan Pangan. Program studi multidisiplin tersebut merupakan gabungan dari beberapa keahlian program studi. "Kami sekarang sedang melakukan studi kelayakan tentang kebencanaan, kebencanaan itu kan dari teman-teman FISIP bisa, Teknik Sipil, Arsitektur, Hukum, jadi nanti kebencanaan itu SDM nya tidak diambil dari satu keahlian saja tapi dari berbagai bidang keahlian" tutur Ade. 

Program studi multidisiplin yang telah direncanakan, apabila disetujui oleh yayasan dan Dirjen Dikti maka kelima program studi multidisiplin tersebut yang akan dikelola oleh pascasarjana. Sedangkan untuk program studi monodisiplin akan dikelola oleh fakultas masing-masing prodi. 

VIDEO PILIHAN