Mohon tunggu...
Vincent Setiawan
Vincent Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Elektro President University

Mahasiswa Teknik Elektro President University

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Alasan Mengapa Raksasa Itu Cuma Mitos (Menurut Ilmu Fisika)

24 Maret 2023   23:01 Diperbarui: 24 Maret 2023   23:04 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : https://www.indozone.id/

Pernah mendengar istilah Buto Ijo?! Iya, mahluk mitologi Indonesia yang memberikan Timun Mas untuk ditanam oleh ibunya. Digambarkan kalau Buto Ijo itu besar banget, raksasa

Atau pernah mendengar juga pengandaian yang bilang kalau semut sebesar manusia, maka semut bisa mengangkat monas? Tapi kok, sampai sekarang semut gak bisa jadi sebesar manusia ya? Apa karena alam ini membatasi lahirnya mahluk super supaya tidak ada yang berambisi mencari batu akik ke segala penjuru dan melenyapkan setengah populasi semesta? 

Mustahil Semut Bisa Sebesar Ini, Sumber Gambar : https://hunterxhunterfansite.blogspot.com/
Mustahil Semut Bisa Sebesar Ini, Sumber Gambar : https://hunterxhunterfansite.blogspot.com/

Bukan ya, bukan seperti itu. Tapi, kisah Buto Ijo yang sebatas dongeng dengan semut yang gak bisa menjadi besar, ternyata ada hubungannya loh menurut ilmu fisika. Penasaran? Lanjut bacanya, ya!

Square-Cube Law

Jelasnya, mengapa Buto Ijo itu cuma mitologi dan juga kenapa semut itu gak akan pernah jadi besar adalah karena si Square-Cube Law ini. Sebelum masuk ke penjelasan selanjutnya, coba bayangkan sebuah persegi dengan panjang 1 cm dan lebar 1 cm. Jika kita mengalikan kedua buah sisinya, kita akan mendapatkan besar luas dari persegi tersebut sebesar 1 cm kuadrat. 

Nah, kalau kita ubah persegi tersebut dengan panjang sisi yang sama, menjadi sebuah kubus, maka kita akan mendapatkan volume sebesar 1 cm kubik. Kalau besarnya cuma 1 sih oke ya, tetapi coba deh kita menambahkan panjang setiap sisinya sebesar 1 cm. Sehingga, sekarang kita memiliki panjang sisi sebesar 2 cm.   

Kelihatannya pertambahan nilainya sedikit ya.... Tetapi coba deh kita kalikan kedua sisi dari persegi dengan panjang 2 cm dan lebar 2 cm tersebut. Berapa hasilnya? Ya, 4 cm kuadrat. Cukup jauh ya perbedaannya? Kita hanya menambah 1 cm dalam panjang, tetapi kita menambah 3 cm kuadrat dalam luas.

Itu belum seberapa, coba deh kita hitung volume yang didapatkan ketika kita membentuknya sebagai kubus. 2 cm x 2 cm x 2 cm yang ketika ditotalkan akan bernilai 8 cm kubik. Buset! Bedanya 7 cm kubik dari yang hanya memiliki panjang 1 cm. 

Hubungan Square-Cube Law dengan Mahluk Hidup

Lantas apa hubungannya dengan Buto Ijo dan semut? Hubungan yang paling jelas terdapat pada perkembangan organ tubuh dan juga berat yang harus ditopang oleh sebuah mahluk hidup. 

Maksudnya? Ketika sebuah mahluk hidup memiliki panjang dan lebar tertentu, mereka akan memiliki luas penampang tubuh yang besar bagi tubuhnya. Luas penampang tubuh ini menjadi penting karena luas penampang tubuh inilah yang akan menjadi penopang untuk kestabilan tubuh menahan massanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun