Mohon tunggu...
Vincent Setiawan
Vincent Setiawan Mohon Tunggu... Seorang Mahasiswa Teknik Suka Menulis

Mahasiswa yang mencoba mengeluarkan segala pemikirannya. Seorang Mahasiswa aktif, menulis sejak bangku SMP tetapi tidak pernah terpublish secara gamblang bahkan di lingkungan keluarganya sendiri. Merasa salah jurusan karena lebih sering nulis daripada membuat alat, tetapi sudah nyaman dengan jurusannya. Menerima sumbangan dan dukungan lewat https://trakteer.id/vincent-leonhart-setiawan- (Akan ada konten eksklusif saya di sana yang berkaitan dengan pengembangan diri dan tulisan-tulisan yang lebih frontal)

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Gen Z: Generasi Muda Harapan Bumi

2 April 2021   17:12 Diperbarui: 2 April 2021   17:22 151 3 0 Mohon Tunggu...

Gen Z atau generasi yang lahir di sekitar tahun 2000 awal  atau 90-an akhir mungkin bisa dibilang sebagai generasi yang paling mencintai lingkungan di masa remajanya. 

Sebut saja beberapa tokoh terkenal di isu lingkungan seperti Greta Thunberg yang bisa menggerakan banyak sekali anak muda untuk terlibat di dalam isu lingkungan. 

Adapun dari dalam negeri kita bisa melihat banyaknya produk-produk ramah lingkungan begitu diminati oleh generasi Z, bahkan beberapa juga memiliki perhatian penuh kepada isu lingkungan seperti Rafa Jafar dengan EwasteRJ miliknya. Hal ini mungkin terlihat berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya, lantas apa sebenarnya perbedaan tersebut?

Pertama, bisa kita lihat bahwa sebenarnya gen Z selalu merindukan suasana alam yang benar-benar terjaga seperti saat mereka kecil. Hal ini membawa suatu perasaan "nostalgia" bagi para gen Z untuk mengalami kembali masa kecil mereka. 

Masa 2000-2009 mungkin memiliki alam yang jauh lebih baik daripada 2010-2019, hal ini sepertinya menjadi salah satu pemicu bagi gen Z untuk bersikap jauh lebih peduli terhadap isu lingkungan yang ada. 

Hal ini akan berbeda dengan para milenial atau generasi Y yang ketika mereka lahir dan tumbuh dewasa, alam memang masih terjaga. Sehingga, mereka pun pada akhirnya menjadi salah satu orang yang secara tidak langsung terlibat dalam perusakan alam.

Kedua, terbukanya akses teknologi di masa awal remaja mereka membuat mereka terekspos dengan dunia luar dan informasi yang tidak terbatas. Keterbukaan informasi ini menjadi poin penting karena dengan adanya keterbukaan informasi, mereka bisa dengan mudah terpapar akan pengetahuan yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan.

 Hal ini jauh berbeda dengan generasi-generasi di atasnya atau generasi setelah gen Z. Bagi generasi X dan Y ataupun generasi di atasnya seperti Boomer, teknologi informasi adalah sesuatu yang asing dan baru mereka temukan ketika mereka beranjak dewasa. 

Sedangkan, bagi generasi setelah gen Z seperti gen Alpha, informasi dan teknologi justru datang terlalu cepat, membuat mereka tidak mendapatkan manfaat yang signifikan dari teknologi tersebut. 

Namun, secara sangat tepat, gen Z mendapatkan informasi di kala mereka sudah siap. Gen Z adalah generasi yang mengalami peralihan paling drastis dari teknologi yang sangat terbatas menuju teknologi yang sangat maju. 

Sehingga mereka bisa merasakan teknologi dan suasana alam sebelum munculnya teknologi-teknologi modern, serta mendapatkan informasi dan suasana dari teknologi-teknologi modern. Hal ini membuat mereka menjadi terpacu dan menimbulkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN