Mohon tunggu...
Vincent Setiawan
Vincent Setiawan Mohon Tunggu... Seorang Mahasiswa Teknik Suka Menulis

Mahasiswa yang mencoba mengeluarkan segala pemikirannya. Seorang Mahasiswa aktif, menulis sejak bangku SMP tetapi tidak pernah terpublish secara gamblang bahkan di lingkungan keluarganya sendiri. Merasa salah jurusan karena lebih sering nulis daripada membuat alat, tetapi sudah nyaman dengan jurusannya. Menerima sumbangan dan dukungan lewat https://trakteer.id/vincent-leonhart-setiawan- (Akan ada konten eksklusif saya di sana yang berkaitan dengan pengembangan diri dan tulisan-tulisan yang lebih frontal)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Memulai Kembali Sekolah Tatap Muka Sama Seperti Memulai Sekolah Online

6 Maret 2021   00:42 Diperbarui: 6 Maret 2021   00:50 168 3 0 Mohon Tunggu...

Memulai sekolah online pertama kali pada bulan Maret tahun 2020 adalah salah satu goncangan terbesar bagi dunia pendidikan. Bagaimana tidak? Setelah sistem sekolah tatap muka selama puluhan bahkan ratusan tahun, sekolah akhirnya dialihkan sepenuhnya menjadi video call bersama-sama. 

Hal ini bukan berlangsung selama 1 hari atau 1 minggu melainkan sudah hampir mencapai 1 tahun. Prestasi ini sungguh mengagumkan bagi saya karena hal ini membuktikan adanya revolusi secara besar-besaran dalam dunia pendidikan akibat pandemi Covid-19 ini. 

Di sisi lain, meskipun ini adalah suatu revolusi besar-besaran, tetapi tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas pengajaran. Memang dari sisi guru dan pemerintah sendiri tidak terdapat kesiapan.

 Akan tetapi, mutu pendidikan yang setidaknya dijaga, malah turun dan anjlok seanjlok-anjloknya. Semangat guru mengajar pun tergerus dan semangat siswa untuk menimba ilmu serta belajar pun terhapus. 

Dikarenakan kejadian ini, maka beramai-ramai orang tua maupun siswa pun memaksa untuk bersekolah tatap muka diadakan kembali. Beberapa kali pemerintah mewacanakan sekolah tatap muka, akan tetapi tidak ada satupun rencana yang direalisasikan. 

Banyak alasan untuk hal ini, yang terutama adalah masalah kesehatan. Hal ini menurut saya pribadi bahkan sangatlah baik. Kesehatan kita ada di atas segala-galanya.

Namun, secara mengejutkan, di awal tahun ini dicetuskan kembali rencana sekolah tatap muka. Rencana ini diwacanakan akan direalisasikan pada bulan Juli 2021. 

Presiden Jokowi bahkan menjadikan ini sebagai salah satu target nasional dengan memprioritaskan guru untuk mendapatkan vaksin setelah tenaga medis dan PNS. Hal ini memang cukup bagus sebenarnya, tetapi kita juga harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memulai sekolah tatap muka kembali.

1. Kesiapan Siswa

Memulai kembalin sekolah tatap muka sama saja seperti pada awal kita memulai sekolah online. Diperlukan adaptasi dari para pemangku kebijakan, guru, serta siswa itu sendiri. Saya cukup yakin jikalau para guru siap dengan adanya sekolah tatap muka kembali. Namun, di sisi siswa, apakah hal tersebut juga terjadi?

Perlu kita sadari bahwa selama kelas online diadakan terjadi banyak sekali pelonggaran. Seperti pelonggaran dalam berpakaian, dalam memperhatikan guru, dalam menjalankan tugas, dan masih banyak hal lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN