Mohon tunggu...
Vincensius Manalu
Vincensius Manalu Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, FISIP UNDIP

Tertarik pada bidang paduan suara, musik dan travelling

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Budayakan E- Government pada Pelayan Publik di Desa Wates

14 Februari 2020   13:39 Diperbarui: 14 Februari 2020   13:36 7 0 0 Mohon Tunggu...

Wates (20/01)  Pada minggu ketiga pengabdian TIM I KKN UNDIP Desa Wates, salah satu anggota dari tim bernama Vincensius Manalu (Ilmu Pemerintahan) melaksanakan program monodisiplin kepada para pegawai di lingkungan Kantor Desa Wates pada tanggal 20 Januari di Balai pertemuan desa.Program monodisiplin tersebut mengajak para pegawai untuk menerapkan product product google dalam aktifitas pelayanan publik di Desa WatesProgram monodisiplin yang dibawakan berjudul "Optimalisasi product Google (gform) dalam pelayanan publik di Kantor Desa Desa Wates" dan "Optimalisasi Google Drive sebagai sarana penyimpanan online dalam pengaturan kearsipan Di Kantor Desa Wates" tersebut sukes menyita perhatian para pegawai untuk melakukan dan menerapkannya.

Adapun tujuan dari program ini adalah untuk mengoptimalkan berbagai teknologi yang ada untuk kemudahan pelayanan publik di Desa Wates, sekaligus untuk mengasah kemampuan dari para pegawai untuk memakai berbagai teknologi yang ada untuk mempermudah kinerja para pegawai. Selain itu juga, pelaksanaan program ini sekaligus mendukung implementasi dari Undang Undang No. 11 Tahun 2008 tentang pemanfaatan teknologi Informasi.

Dalam pelaksanaan program ini, Vincen selaku pelaksana dan pemotor program ini mengajak para pegawai untuk langsung belajar cara penggunaan gform. Masing masing dari pegawai turut serta dengan menggunakan jaringan internet dan smartphone yang dimiliki oleh masing masing pegawai. Dalam program ini, gform dijadikan sebagai alat untuk mengakomodasi keluhan keluhan yang ada dimasyarakat, dimana hal tersebut digantikan dari sistem lama yang berupa "Kotak Saran". Nantinya setiap masyarakat akan dapat mengunjungi laman yang tersedia dan akan mengisi berbagai keluhan keluhan, kritik dan saran seputar pelayanan publik di Desa Wates.

       Antusias sangat terlihat selama acara tersebut berlangsung pasalnya banyak pegawai yang melakukan tanya jawab dan saling memberitahu satu antar lainnya. Pelaksanaan program ini, merupakan salah satu langkah kecil untuk mensosialisasikan penggunaan internet dan produk produk nya kepada para pegawai. Harapannya, dengan adanya pengetahuan tentang produk google ini, pegawai memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x