Mohon tunggu...
Alvhynno
Alvhynno Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Saya adalah mahasiswa yang mulai tertarik dengan tulisan. Saya akan berlatih menulis demi pengembangan diri saya dan untuk dibagikan kepada orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Pelajar Tidak Boleh Kalah Saing

5 Maret 2021   23:55 Diperbarui: 6 Maret 2021   08:38 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Situasi pandemi Covid-19 belum berakhir!

Apakah kita harus bersikap pasrah? Lalu bagaimana nasib para pelajar bila hal ini tidak diperhatikan sungguh-sungguh?

Dunia pendidikan memang mengalami dampak besar akibat virus berbahaya yang sangat mematikan ini. Siapakah yang harus dipersalahkan? 

Ini bukan saat yang tepat untuk saling mempersalahkan satu sama lain. Setiap pelajar harus mampu beradaptasi dengan sistem belajar daring yang masih berlaku hingga saat ini. Tidak boleh ada kata menyerah bagi seorang pelajar. Untuk mencapai sesuatu yang baik, semuanya butuh proses yang tidak bisa dihindari, yang tidak lain adalah suatu pengorbanan.

Situasi pandemi Covid-19 mengharuskan setiap pelajar belajar dari rumah atau yang dikenal dengan nama e-learning. Tidak semua pelajar memiliki kesempatan belajar yang baik di rumah. Ada berbagai kendala yang dihadapi sebagian besar pelajar adalah tidak punya teknologi digital (seperti laptop ataupun gawai yang lebih dikenal dengan gadget), wifi atau kuota internet, dan masih banyak yang lainnya yang menghambat pembelajaran dari rumah.

Pemerintah terus berupaya agar pendidikan di Indonesia bisa terus berjalan dan hal ini membuat setiap pelajar harus mampu beradaptasi sampai pandemi ini berakhir. Adapun pelajar harus pintar-pintar memanfaatkan waktu belajar di rumah. Tentunya hal ini tidak lepas dari kontrol orang tua. Orang tua harus mampu membimbing anaknya agar tetap belajar demi masa depannya yang baik sebab generasi muda adalah generasi penerus bangsa.

Teknologi semakin hari semakin maju. Banyak aplikasi online yang menjadi incaran banyak orang di tengah situasi yang membosankan saat berada di rumah saja. Ada banyak aplikasi daring yang banjir pengguna, seperti TikTok, YouTube, dan masih banyak lagi termasuk game online. Namun apakah semua ini sangat menguntungkan bagi pelajar?

Tentu saja banyak orang membutuhkan hiburan saat pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang beraktivitas dari rumah termasuk pelajar. Tetapi ini bukanlah yang utama. Banyak pelajar yang lebih suka belajar dari rumah karena memliki waktu yang banyak untuk bersantai-santai bermain game ataupun streaming video dari pada belajar. Hal ini tidak terpuji bagi seorang pelajar.

Ingat, hakikat seorang pelajar adalah belajar!

Ada beberapa tips praktis yang bisa dilakukan pelajar saat pandemi Covid-19 supaya bisa tetap Kreatif dan Inovatif di rumah:

  1. Belajar Seru. Belajar dari rumah tidak selalu membosankan. Ada banyak cara kreatif yang bisa dibuat saat belajar. Misalnya seorang pelajar bisa belajar bersama orang tua dan atau anggota keluarga yang lain dalam rumah sehingga tidak merasa bosan. Dengan kemajuan dunia teknologi, seorang pelajar bisa belajar lewat tutorial-tutorial yang tersedia di YouTube misalnya sehingga belajar lebih menyenangkan. Selain itu pelajar bisa membuat grup belajar bersama teman-teman seperti Zoom ataupun Google Meet sehingga bisa saling berbagi pengalaman belajar, ide pikiran dan sebagainya.
  2. Webinar. Webinar bisa menjadi pilihan yang menyenangkan bagi seorang pelajar. Ada banyak webinar yang diselenggarakan banyak pihak baik oleh pihak lembaga pendidikan ataupun pihak lainnya terkait suatu bidang tertentu yang bisa diikuti. Banyak webinar yang dilakukan secara gratis dan lebih dari itu, ada webinar tertentu yang memberikan E-Sertifikat. Hal ini sangat menguntungkan, selain dapat ilmu dapat juga sertifikatnya.
  3. Lomba. Ternyata ada banyak lomba yang bisa diikuti oleh pelajar saat pandemi Covid-19. Pihak sekolah ataupun lembaga pendidikan tinggi menyelenggarakan banyak lomba secara daring sehingga pelajar tidak bosan di rumah melainkan memanfaatkan teknologi untuk mengasah kemampuannya dalam mengikuti lomba. Ada banyak pelajaran yang bisa diperoleh saat mengikuti lomba, selain meningkatkan kemampuan otak, kreasi dan inovasi pun diasa. Seorang pelajar harus berani untuk bersaing, siapa tahu juara dan mendapatkan hadiah menarik. Bagus kan.
  4. Tulis-tulis. Dengan adanya teknologi digital, setiap orang berkesempatan memanfaatkannya sebaik mungkin. Bagi kamu para pelajar jangan mau ketinggalan. Dari pada hanya main game, nonton Tv, streaming video dan film, lebih baik menulis. Menulis bisa menjadi pilihan yang baik sebagai seorang pelajar. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan mengasah otak untuk mampu merangkai kata-kata menjadi suatu tulisan yang baik. Hal ini tidak mudah loh. Salah pilihan alternatif untuk bisa menulis adalah Kompasiana. Kamu tidak perlu pusing-pusing membuat blog pribadi, tetapi bisa langsung menulis dengan terlebih dahulu daftar dan regis akun kamu. Hal ini sangat menyenangkan. Ada banyak orang yang bisa dijumpai lewat tulisan yang beragam, tulisan tentunya harus sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, ada banyak event menarik yang bisa diikuti. Karena itu untuk apa santai-santai saja di rumah, mending buat tulisan dan dibagikan ke orang lain. Banyak manfaat yang bisa diperoleh loh. Jadi untuk apa malas-malas dan bersantai di rumah, mending tulis di KOMPASIANA.  

Source: hellosehat.com
Source: hellosehat.com

Setiap pelajar harus mampu menyadari dirinya sebagai generasi muda penerus bangsa. Oleh karena kesadaran akan hai itu, maka seorang pelajar akan mampu berjuang sehingga menjadi pribadi yang baik yang mampu bertanggungjawab akan masa depannya. Tidak ada kata untuk pantang menyerah. Justru dalam situasi sulit seperti ini setiap pelajar ditantang untuk mampu belajar dan berjuang secara kreatif dan inovatif sehingga mampu bertahan dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun