Mohon tunggu...
Vincentia Ivena
Vincentia Ivena Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Media

Jurnalisme Online Vs Jurnalisme Multimedia

15 September 2020   10:11 Diperbarui: 15 September 2020   10:18 47 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jurnalisme Online Vs Jurnalisme Multimedia
inpeo.org

Kata jurnalisme sudah sering kita dengar. Ternyata jurnalisme online dengan jurnalisme multimedia itu berbeda. Di sini akan dijelaskan mengenai jurnalisme online dan jurnalisme multimedia.

JURNALISME ONLINE

Jurnalisme online merupakan sebuah kegiatan jurnalistik yang menghasilkan konten digital seperti audio, video, teks dan dilakukan secara online dan menggunakan internet untuk mengaksesnya.

Sedangkan menurut Pavlik, jurnalisme online dapat dikatakan sebagai jurnalisme kontekstual yang memiliki tiga fitur komunikasi unik, antara lain kemampuan multimedia berdasarkan platform digital, interaktif yang baik dalam komunikasi online, serta fitur dalam data.

Mark Deuze menjelaskan bahwa jurnalisme online dibagi menjadi dua domain, yaitu adanya suatu rentangan dimulai dari situs yang berfokus pada editorial content (teks yang dibuat oleh jurnalis) hingga situs web yang berbasis konektivitas publik atau komunikasi public tanpa perantara.

Domain yang kedua dapat dilihat pada tingkatan komunikasi partisipatoris. Komunikasi partisipatoris terbuka yaitu khalayak dapat berkomentar, berpendapat, memposting segala sesuatu tanpa ada penyaringan. Sedangkan komunikasi partisipatoris tertutup yaitu khalayak dapat berkomentar namun masih dalam kendali editorial yang ketat.

Mark Deuze juga menjabarkan empat jenis jurnalisme multimedia, antara lain:

  • Mainstream News sites

Situs mainstream news merupakan media berita online yang tersebar secara luas. Situs tersebut terdapat pilian editorial content. Situs mainstream news memiliki tingkat partisipatoris yang tertutup. Contohnya, CNN, BBC, detik.com.

  • Index dan category sites

Jurnalisme online ini sama seperti mesin pencari seperti yahoo, ataupun individu yang dapat melakukan suatu usaha. Jurnalis online menawarkan links ke beberapa situs berita ataupun World Wide Web. Situs tersebut tidak memiliki editorial content yang diproduksi sendiri, melainkan membuka ruang untuk berkomentar.

  • Meta dan comment sites

Meta dan comment sites merupakan situs yang membahas mengenai media berita serta isu media secara umum atau dapat dikatakan sebagai pengawas media. Situs tersebut memiliki editorial content yang diproduksi oleh beberapa jurnalis.

  • Share and discussion sites

Share and discussion sites merupakan situs yang menyediakan ruang bagi khalayak untuk berdiskusi mengenai topik yang ada. Situs tersebut memanfaatkan internet sebagai media berkomunikasi secara global.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x