Mohon tunggu...
Vincent Aditya
Vincent Aditya Mohon Tunggu... Desainer - Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management

Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management | Writes about creative art and design, marketing and branding.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Mengenal Moodboard dan Manfaatnya dalam Proses Berkarya

17 Agustus 2021   18:52 Diperbarui: 17 Agustus 2021   19:00 1193 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Moodboard dan Manfaatnya dalam Proses Berkarya
Ilustrasi moodboard. (Sumber: freepik.com/coolvector)

Apakah Anda pernah susah merealisasikan visi atau ide-ide visual dalam pikiran Anda sebelum berkarya? Baik itu dikarenakan karena banyaknya ide-ide yang masuk yang ingin Anda realisasikan? Penulis sendiri juga sering mengalami hal tersebut, terutama ketika ingin menerjemahkan konsep visual yang saya inginkan untuk karya desain grafis ataupun fotografi. Penulis percaya setiap creator pasti sering menghadapi masalah ini, hal ini disebabkan karena ide-ide visual memiliki sifat yang lebih abstrak yang kadang lebih susah dikomunikasikan dibandingkan ide-ide dalam bentuk karya tulis. 

Ketika mengalami masalah tersebut, penulis sering menggunakan moodboard untuk membantu dalam memetakan ide-ide visual yang ingin di implementasikan ke dalam sebuah karya visual. Nah, dalam artikel ini penulis akan menjelaskan mengenai moodboard dan manfaatnya dalam proses berkarya. 

Apa itu Moodboard?

Foto oleh cottonbro dari Pexels
Foto oleh cottonbro dari Pexels
Moodboard adalah kumpulan gambar atau objek yang menginspirasi sebuah karya. Karya tersebut dapat berupa karya dalam bidang desain grafis, fotografi, desain interior, fashion dan sebagainya. Intinya, moodboard digunakan untuk karya-karya yang membutuhkan konsep visual dengan visi estetika yang jelas. Isi dalam moodboard dapat berupa:
  • Warna
  • Tekstur
  • Tipografi
  • Foto
  • Sketsa & Ilustrasi
  • Teks deskriptif
  • Tekstil
  • Obyek-obyek lainnya

Secara esensial, moodboard berguna agar Anda dapat menerjemahkan sebuah “mood” yang menjadi bentuk estetis yang Anda inginkan dalam karya Anda. Moodboard membantu mengorganisir ide-ide visual Anda serta mengkomunikasikan visi estetika Anda kepada orang-orang yang akan terlibat dalam karya Anda. 

Tipe-tipe Moodboard

Moodboard Fisik (Physical Moodboard 

Contoh moodboard fisik. (Sumber: cottonbro dari Pexels)
Contoh moodboard fisik. (Sumber: cottonbro dari Pexels)
Pada awalnya, moodboard sendiri sudah banyak digunakan oleh creator sebagai tahapan awal atau konseptual sebelum memproduksi sebuah karya, terutama ke dalam bentuk moodboard fisik. Moodboard fisik ini dapat di implementasikan ke dalam media papan kayu, dinding ruangan, kertas, notebook, ataupun media lainnya seperti impraboard

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan