Mohon tunggu...
Vincent Aditya
Vincent Aditya Mohon Tunggu... Desainer - Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management

Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management | Writes about creative art and design, marketing and branding.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengenal Genre-genre Foto dalam Fotografi

8 Agustus 2021   14:32 Diperbarui: 8 Agustus 2021   14:52 251 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Genre-genre Foto dalam Fotografi
Foto oleh Matt Hardy dari Pexels

Fotografi, layaknya seni lukis yang memiliki berbagai macam aliran, juga memiliki berbagai macam genre (aliran) yang mempengaruhi karya foto tersebut dan menjadi ciri khas dari karya-karya foto yang akan dihasilkan. Mengenal genre-genre dalam fotografi dapat membantu Anda membangun personal branding Anda sebagai seorang fotografer. Mengetahui aliran-aliran tersebut juga dapat membantu Anda mengetahui letak kekuatan Anda sebagai seorang fotografer, yaitu memilih genre foto yang paling sesuai dan menjadi minat terbesar Anda dalam berkarya. 

Nah, berikut 11 genre (aliran) yang populer dalam dunia fotografi yang telah dirangkum oleh penulis: 

1. Street Photography

Photo by Ryoji Iwata on Unsplash
Photo by Ryoji Iwata on Unsplash
Street photography atau fotografi jalanan adalah genre fotografi yang umumnya memuat karya foto yang diambil diruang publik yang terbuka dan bersifat candid (tanpa arahan). Karakteristik dari street photography adalah mengambil objek foto secara real time atau apa adanya. Objek dalam street photography dapat berupa manusia, tempat, maupun peristiwa-peristiwa spontan dalam ruang publik.

2. Journalism Photography

Photo by Mika Baumeister on Unsplash
Photo by Mika Baumeister on Unsplash
Fotografi jurnalistik adalah proses penyampaian berita atau informasi dengan foto atau gambar. Karya-karya foto dalam fotografi jurnalistik haruslah menyampaikan sebuah peristiwa secara real time dan apa adanya. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Kepekaan dalam melihat peristiwa yang dapat menjadi visual yang informatif dan kemampuan menangkap momen menjadi skill penting yang harus dimiliki oleh fotografer jurnalistik.

3. Portrait Photography  

Photo by Jyotirmoy Gupta on Unsplash
Photo by Jyotirmoy Gupta on Unsplash
HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan