Mohon tunggu...
Vincent Aditya
Vincent Aditya Mohon Tunggu... Desainer - Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management

Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management | Writes about creative art and design, marketing and branding.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

5 Hal yang Perlu Dihindari dalam Proses Branding Produk

3 Juli 2021   16:58 Diperbarui: 3 Juli 2021   17:32 240 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Hal yang Perlu Dihindari dalam Proses Branding Produk
Photo by NeONBRAND on Unsplash  

Proses branding bagi perkembangan suatu produk ataupun jasa dalam sebuah bisnis memainkan peran penting bagi kesuksesan bisnis tersebut. 

Proses branding yang baik dapat dianalogikan dengan karakter atau kepribadian seseorang, dengan manajemen dan proses perancangan branding yang tepat, produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat memiliki kepribadian atau positioning yang memudahkan konsumen Anda dalam membedakan produk Anda dengan produk-produk kompetitor yang sudah ada di pasar. 

Sebaliknya, proses perancangan branding yang salah akan membuat konsumen Anda kebingungan terhadap karakter atau positioning dari produk yang Anda tawarkan. Proses pembangunan citra merek (brand image) yang tepat sasaran terhadap pelanggan yang Anda tuju akan mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa yang bisnis Anda tawarkan. 

Mengutip dari buku Branding for Dummies, branding dapat didefinisikan sebagai proses membangun persepsi positif mengenai suatu produk di dalam benak atau pikiran konsumen Anda. 

Dalam proses branding untuk produk dari bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu dihindari agar produk Anda memiliki positioning yang tepat di pasaran dan tidak membingungkan pelanggan Anda. Berikut 5 hal yang perlu dihindari dalam proses branding suatu produk: 

1. Membuat Produk Yang Membingungkan

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels
Foto oleh Anna Shvets dari Pexels
Produk atau jasa yang masih memiliki fungsi atau kegunaan yang membingungkan atau tidak jelas bagi konsumen yang Anda tuju akan membuat proses komunikasi merek dan pembangunan citra merek dari produk Anda sulit untuk dikenali oleh customer di pasaran. 

Akibatnya produk yang Anda tawarkan akan memiliki siklus hidup yang pendek dipasaran dan sulit bersaing dengan produk-produk kompetitor. 

Oleh sebab itu aktivitas riset dan pengembangan produk yang matang diawal sangat penting sebagai awal dari proses branding yang baik. 

2. Meniru Produk Kompetitor 

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels
Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels
Salah satu hal yang membuat produk Anda gagal dalam melakukan proses branding yang baik adalah karena meniru produk kompetitor atau hanya sekedar mengikuti tren pasar yang ada. Akhirnya produk yang Anda tawarkan tidak memiliki diferensiasi atau positioning yang unik yang membedakan produk Anda dengan produk kompetitor. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN