Mohon tunggu...
Fina Idatul Umah
Fina Idatul Umah Mohon Tunggu... Mahasiswa

KELAS : 1A STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA Be yourself

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Dampak Perdagangan pada Masa Covid-19

18 Oktober 2020   14:27 Diperbarui: 18 Oktober 2020   14:31 58 4 0 Mohon Tunggu...

Yang kita bahas diawal adalah apa si perdagangan itu?. Perdagangan adalah kegiatan tukar menukar baik barang maupun jasa. Lalu siapa yang ada didalamnya, dimana adanya penjual tentu saja ada pembeli yang memiliki kesepakatan bersama ataupun adanya akad saat melaksanakan transaksi. 

Di saat ini banyak sekali yang dapat kita lihat perusahaan-perusahaan besar maupun pedagang-pedagang kecil yang mengalami penurunan drastis dari penyebab adanya pandemi ini. 

Salah satu contoh pedagang kecil yaitu pedagang kue, yang saat ini benar-benar saya dan orang tua saya alami. Yang berdampak pada penurunannya produksi, dan konsumen. Yang secara tidak langsung berpengaruh juga terhadap kebutuhan sehari-hari.

Berikut rincian biaya yang saya keluarkan sebelum adanya pandemi:

Modal awal sebesar Rp. 1,000,000 yang dirinci dari pembelian perlengkapan (meja,kursi, tray, plastik) menghabiskan biaya berkisar Rp. 600,000, pembelian bahan-bahan kue sebesar Rp. 350,000 dan biaya transportasi sebesar Rp. 50,000.

Namun sekarang hanya mendapatkan 50% dari keuntungan di awal karena adanya pengurangan-pengurangan. Berikut rinciannya perbandiangan pada masa sebelum pandemi dengan pandemi saat ini dalam hitungan perhari:

Jenis kebutuhan

Sebelum pandemi

Pada pandemi saat ini

Pengeluaran dagang

Rp. 400,000

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN