Mohon tunggu...
Vina PraditaPutri
Vina PraditaPutri Mohon Tunggu... Perempuan 21 Tahun

Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswi KKN Undip Sukses Gelar Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan

5 Agustus 2020   11:00 Diperbarui: 5 Agustus 2020   11:00 40 1 0 Mohon Tunggu...

Tanjungsari, Karanganyar (26/07). Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Namun, di masa pandemi covid-19 ini tidak sedikit masyarakat yang mengalami kesulitan pangan. Salah satu cara yang dapat dilakukan dilakukan ditengah pandemi  ini sebagai upaya penyediaan bahan makanan yang bergizi adalah melakukan pelatihan pengolahan produk perikanan berupa naget dari ikan bandeng.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh 10 peserta yaitu ibu-ibu RT 01 Desa Tanjungsari, Kelurahan Tegalgede, Kabupaten Karanganyar dan dilaksanakan di MI Sudirman Tanjungsari. Kegiatan tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, dan berjaga jarak antar peserta.

dokpri
dokpri
Tujuan kegiatan pelatihan tersebut yaitu meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama ibu-ibu RT 01 Desa Tanjungsari dalam mengolah ikan menjadi produk kaya gizi sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dimasa pandemi covid-19 dan tingkat konsumsi ikan meningkat.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama pelatihan berlangsung antara lain penjelasan materi pelatihan, edukasi terkait kandungan ikan, manfaat konsumsi ikan, dan cara membedakan ikan segar dan ikan mundur mutu. Selain itu, kegiatan lain yang dilakukan yaitu demo masak pembuatan naget ikan bandeng. Kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan peserta pelatihan sangat aktif dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait materi pelatihan.

dokpri
dokpri
"Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini sebab sangat bermanfaat. Saya memperoleh pengetahuan pengolahan ikan bandeng menjadi produk. Saya juga memperoleh modul pelatihan sehingga dapat saya praktekkan dirumah dan akan coba saya kembangkan menjadi peluang usaha untuk membantu perekonomian keluarga," ujar Ibu Titis, selaku peserta pelatihan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x