Edukasi

Layanan Konselor terhadap Klien

12 Maret 2019   20:23 Diperbarui: 12 Maret 2019   20:47 45 5 0
Layanan Konselor terhadap Klien
understood.org

Peran bimbingan dan konseling  di lingkungan sekolah sangat penting. Dengan adanya bimbingan di sekolah, dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah, entah itu tentang kesulitan memahami materi disekolah, pemlihan jurusan, karir, dan lain sebagainya. Dengan ini, Bimbingan dan Konseling memiliki beberapa layanan dalam membantu siswa. Diantaranya yaitu

  • Layanan Orientasi. Namanya saja Orientasi. Layanan ini berupa pengenalan terhadap lingkungan baru. Tujuan dari adanya layanan ini yaitu agar siswa mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitar mereka. Karena setiap anak pasti memiliki kriteria yang berbeda-beda. Ada yang introvert, sangat percaya diri, kurang percaya diri,  kurang mampu bersosialisasi atau sebaliknya, dan sebagainya.
  • Layanan Informasi. Layanan ini memberikan informasi bagi setiap kliennya. Informasi yang diberikan tergantung yang diperlukan. Dapat berupa informasi pengembangan diri, tentang hubungan pribadi, sosialnya, nilai moral dan sebagainya.
  • Adapun teknik yang digunakan dalam layanan ini yaitu ceramah, diskusi, wawancara, ataupun menggunakan media.
  • Layanan Penempatan dan Penyaluran. Biasanya layanan ini diperuntukkan bagi siswa yang bingung untuk menyesuaikan bakat dan minatnya. Pada saat masuk perguruan tinggi atau ingin mengikuti ekstrakulikuler disekolah banyak diantara mereka yang masih bingung dalam mengambil keputusan, sebab belum mengetahui minat dan bakat yang mereka miliki.
  • Layanan Konseling Individu. Layanan ini berfungsi untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah pribadi. Jika berbicara tentang anak remaja, biasanya yang mereka permasalahkan ialah mengenai pertemanan, hubungan asmara, atau sebagainya. Biasanya dilakukan secara tatap muka antara konselor dengan klien.
  • Layanan Bimbingan Kelompok. Jika Layanan Konseling Individu hanya melibatkan satu orang maka dalam layanan ini melibatkan satu kelompok. Biasanya membahsa tentang bagaimana menyusun suatu rencana dan keputusan. Tujuan dari layanan itu diantaranya untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi.
  • Layanan Konesling Kelompok. Dalam hal ini melibatkan satu kelompok, nah dalam kelompok tersebut akan membahas tentang masalh pribadi yang diaai oleh masing-masing anggota kelompok.
  • Layanan Penguasaan Konten. Layanan ini merupakan suatu bantuan yang diberikan terhadap individu maupun kelompok untuk meningkatkan kemampuan melalui kegiatan belajar,
  • Layanan Pembelajaran. Layanan ini membantu siswa dalam meningkatkan sikap giat dalam belajar. Tentu saja hal ini melibatkan siswa dengan sekolahnya.
  • Layanan Konsultasi. Layanan ini dilakukan oleh seorang konselor dengan kliennya. Tujuannya yaitu untuk memperoleh wawasan, pemahaman, dan metode yang diperlukan dalam menangani suatu permaslahan.