Mohon tunggu...
Vina Serevina
Vina Serevina Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Universitas Negeri Jakarta

Pengajar Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Wujudkan Efektifitas Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 dengan Manajemen Pembelajaran

20 April 2022   08:28 Diperbarui: 20 April 2022   09:06 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(gb.1 pembelajaran interaktif. Sumber: ayogurubelajar.kemdikbud.go.id)

Oleh : Dr. Ir. Vina Serevina, M.M., Syafannisa Fitria Farah Dewi, Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, 2022.

Pembelajaran merupakan kegiatan pendidikan yang sangat penting, sebagai seorang pendidik sudah seharusnya kita merencanakan pembelajaran secara nyaman dan menatik agar peserta didik mudah dalam memahami.

Selain itu, sebagai seorang pendidik harus memahami dan menguasai pembelajaran untuk membantu kita dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran sesuai dengan kerumitan materi dan kepribadian setiap siswa.

Strategi dan pendekatan yang diterapkan harus sesuai dengan kepribadian siswa yang menjadi subjek dalam latihan pembelajaran. Guru harus memberikan ruang seluas-luasnya kepada siswa untuk berimajinasi dan terlibat secara efektif sepanjang sistem pembelajaran.

Dalam interaksi pembelajaran terdapat beberapa komponen yang saling berkaitan, menghitung siswa, pengajar, kepala, program pendidikan dan kantor sekolah yang diperlukan dalam sistem pembelajaran. Ketika banyak bagian ini telah digunakan sebanyak yang diharapkan, latihan pembelajaran dapat mencapai perubahan bagi siswa, dua perubahan dari bagian informasi, perilaku, dan kemampuan. 

Sehingga dampak dari perubahan ini, siswa akan lebih siap dalam mengurusi masalah kehidupan dan siap bekerjasama dengan orang lain.

(gb.2. Diskusi kelas. Sumber: ainamulyana.blogspot.com)
(gb.2. Diskusi kelas. Sumber: ainamulyana.blogspot.com)

Ide dalam konsep menejemen pembelajaran dapat dianggap sebagai cara paling umum untuk mengawasi latihan pembelajaran yang menggabungkan persiapan, memilah, mendorong dan menilai sistem pembelajaran yang terhubung dengan semua bagian di dalamnya untuk mencapai target pembelajaran. 

Pembelajaran adalah sebagian besar kegiatan untuk mencapai proses pendidikan dan pembelajaran yang instruktif, layak dan produktif. 

Sejalan dengan itu, cenderung disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan belajar adalah rangkaian tindakan dari semua latihan yang diperoleh mulai dari persiapan, penyusunan, penghasutan dan penilaian, yang menggabungkan mata pelajaran utama dan mendukung program pendidikan dalam pandangan program pendidikan. ditetapkan oleh Dinas Agama atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun