Mohon tunggu...
Vina Serevina
Vina Serevina Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Universitas Negeri Jakarta

Pengajar Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pemberian Umpan Balik (Feedback) yang Efektif dalam Pembelajaran Fisika

13 April 2022   10:50 Diperbarui: 13 April 2022   13:59 2332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seorang Anak yang sedang Belajar. Sumber: Canva.

Disusun Oleh: Dr. Ir. Vina Serevina, M.M., Antika, Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, 2022.

Proses pembelajaran merupakan sebuah interaksi antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan dan kompetensi yang diharapkan. Dalam kegiatan pembelajaran guru berfungsi sebagai sumber pesan yang menyampaikan materi pelajaran secara langsung kepada siswa. Agar hal tersebut tercapai secara optimal maka guru harus menyiasati setiap komponen dalam sistem pembelajaran, salah satunya yaitu pemberian umpan balik (feedback). Feedback merupakan bentuk komunikasi dua arah atau lebih yang merespon suatu tindakan (Juita, 2019). Feedback diberikan secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pembelajaran baik dari guru ke siswa atau siswa ke guru. Namun pada kenyataannya, guru kurang memberikan umpan balik kepada siswa khususnya dalam pelajaran fisika sehingga proses pembelajaran kurang optimal dan sulit untuk mencapai tujuan serta kompetensi yang diharapkan. Fisika merupakan salah satu pelajaran yang cukup sulit untuk dipahami karena materinya yang banyak dan isinya yang begitu kompleks. Oleh karena itu, pemberian umpan balik atau feedback sangat dibutuhkan dalam pembelajaran fisika guna mempermudah siswa dalam memahami materi fisika yang begitu banyak dan kompleks tersebut. Lalu, umpan balik atau feedback seperti apa yang harus diberikan guru kepada siswa dalam pelajaran fisika?

Feedback. Sumber: Canva.
Feedback. Sumber: Canva.

Umpan balik yang harus diberikan ialah umpan balik yang memotivasi atau membangun semangat siswa yang biasa disebut dengan umpan balik positif. Umpan balik positif bertujuan untuk memberikan informasi alternatif yang tepat dalam memahami materi fisika yang diajarkan, mengkonfirmasi kepada siswa terkait dengan hasil kerja yang telah dilakukan apakah benar atau salah, memberikan lebih banyak informasi dan koreksi untuk meningkatkan hasil belajar siswa, menunjukkan arah dan solusi belajar yang dapat diambil siswa, dan mengarahkan siswa pada restrukturisasi pemahaman fisika yang praktis dan efektif. Berdasarkan tujuan tersebut dapat disimpulkan umpan balik positif bermanfaat untuk memajukan dan meningkatkan pemahaman siswa dalam pelajaran fisika, mendorong siswa untuk melakukan inovasi yang kreatif dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fisika, dan membuka komunikasi yang intens antara guru dan siswa. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memberikan umpan balik positif dalam pelajaran fisika, antara lain:

  • Umpan balik harus fokus pada tujuan pembelajaran dan pada tugas-tugas fisika yang telah diberikan, bukan membandingkan siswa satu dengan siswa yang lainnya.
  • Menggunaan bahasa verbal dan non-verbal dengan pesan yang positif mengenai pekerjaan yang telah dilakukan siswa dalam pelajaran fisika.
  • Umpan balik yang diberikan mengarah pada perbaikan untuk siswa yang kinerjanya kurang memuaskan dan kepuasan untuk siswa yang kinerjanya sudah baik.
  • Umpan balik yang diberikan harus spesifik terhadap kinerja siswa dan fokus pada kesuksesan dan peningkatan pemahaman fisika siswa.
  • Siswa perlu diberikan kesempatan untuk melakukan peningkatan terhadap tugas dan perbaikan yang diberikan.

Terdapat beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai pemberian feedback dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan oleh (Dwita, dkk., 2021) menunjukkan bahwa pemberian feedback dalam pembelajaran meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh (Ramdan, 2018) juga menunjukkan pemberian umpan balik kepada siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung secara intrinsik menumbuhkan minat belajar siswa sehingga siswa termotivasi untuk belajar fisika.

Dari hasil penelitian-penelitian yang telah dilakukan tersebut menunjukkan jika pemberian umpan balik pada siswa dalam pelajaran fisika memberikan dampak positif terhadap perkembangan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan minat belajar siswa. Pemberian umpan balik positif merupakan salah satu cara yang efektif dalam memberikan feedback kepada siswa pada saat proses pembelajaran. Berbeda dengan umpan balik positif, umpan balik negatif justru memberikan efek yang tidak baik terhadap perkembangan siswa. Siswa cenderung merasa sedih dan kecil hati sehingga siswa kehilangan minat belajar dan hasil belajar siswa pun ikut menurun. Oleh sebab itu, pemberian umpan balik positif sangat diperlukan dalam proses pembelajaran fisika. Terutama sebagai guru fisika perlunya memahami keadaan atau situasi pembelajaran sangatlah penting karena dengan begitu guru bisa mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan melalui pemberian umpan balik positif. Akibatnya, siswa merasa nyaman dan fokus dalam mengikuti pembelajaran fisika yang berlangsung.

Sumber:

Hadisyahputra, dkk. (2021). Pengaruh Pemberian Feedback pada Penilaian Portofolio terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 6, Special Issue No. 2, p--ISSN: 2541-0849, e-ISSN: 2548-1398.

Sune, R. (2018). Pengaruh Feedback Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika. JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Vol. 3, No. 2, hal 148-157.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun