Mohon tunggu...
Vina Rizkawati
Vina Rizkawati Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Rawamangun Melalui Program PkM-KKN Prodi Biologi FMIPA UNJ

28 November 2022   14:52 Diperbarui: 28 November 2022   15:00 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rusun Warga 03 Kelurahan Rawamangun yang terletak di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur merupakan kelurahan dengan luas 2,6 Km persegi. Wilayah ini berbatasan langsung dengan kelurahan Kayu Putih di sebelah Selatan, Kelurahan Jati di sebelah Utara, kelurahan Pisangan Lama di sebelah selatan dan kelurahan Utan Kayu di sebelah barat. Kelurahan ini dilintasi Kali Sunter dan dilalui beberapa jalan protokol seperti Jalan Pemuda (bagian tengah), Jalan Ahmad Yani (bagian barat), dan Jalan Raya Bekasi (bagian selatan).

Pada tahun ini, Program Studi Biologi FMIPA UNJ melaksanakan program Pengabdian ke Masyarakat (PkM) yang terintegrasi dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Sejak tahun 2019, kegiatan ini menjadi program kerja rutin Program Studi Biologi FMIPA UNJ yang dilaksanakan 1 tahun sekali di desa binaan Rawamangun. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan 24 mahasiswa dan mendapat dukungan dari dekanat FMIPA UNJ serta LPPM UNJ. Kegiatan dilakukan selama bulan September hingga Oktober 2022, bertempat di Ex-BAAK Kampus A UNJ dan rumah warga.

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini memiliki 7 kegiatan utama, sehingga pelaksanaannya dibagi menjadi 2 hari. Pada hari pertama, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang disampaikan bertemakan "Budidaya Tanaman Sayuran Indigenous" dan "Tanaman Obat Keluarga". Sedangkan pada hari kedua, kegiatan bertemakan "Pembuatan Pupuk Cair" dan "Pembuatan Sabun Cair Serai". Sekitar 20 warga yang datang pada pematerian dibagi menjadi 3-4 kelompok, untuk dilanjutkan dengan kegiatan workshop. Setelah 2 materi utama, kegiatan dilanjutkan oleh mahasiswa untuk melakukan monitoring mandiri ke masyarakat.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri
Melalui kegiatan ini, penyelenggara PkM-KKN Tematik berharap masyarakat dapat menerima manfaat positif. Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya di sekitarnya. Partisipasi masyarakat RW 03 Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur menjadi komponen yang paling penting dalam menentukan kesuksesan program pengabdian ini karena pemberdayaan hanya dapat terjadi jika masyarakat berperan secara aktif dan partisipatif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun