Mohon tunggu...
Vika Kurniawati
Vika Kurniawati Mohon Tunggu... Wiraswasta - Freelancer

| Content Writer

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Lika-liku Mendulang Cuan ala Konten Kreator

17 Juli 2022   04:58 Diperbarui: 17 Juli 2022   05:03 51 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Profesi sebagai Blogger sekaligus konten kreator memang tak bisa lepas dari lika-liku seperti layaknya profesi lainnya.  Banyak sukanya sih daripada kesan melownya saat menyelasaikan pekerjaan. Melownya sih kebanyakan segi tehnis saja saat misalnya jaringan internet lambat. Sudah terbiasa juga saat zoom meeting mendadak terhenti padahal rapat penting. Begitu juga kala mengirimkan materi ke klien maupun menggunggah konten ke platform atau media sosial. Saya sadar bahwa kebutuhan akan manfaat internet bererta jaringan yang terjaga kestabilannya amat besar. 

Rekomendasi: IndiHome

Kreator. Doc:FreePik
Kreator. Doc:FreePik

Ada beberapa waktu dimana ketergantungan akan hal ini membuat saya memilih mengalokasikan dana khusus setiap bulannya. Apa lagi kalau bukan untuk kelancaran pekerjaan saya yang sering kali menghabiskan 15 jam setiap hari tanpa libur. Terkadang klien memberikan brief proyek secara mendadak atau istilah kerennya proyek Roro Jonggrang. Awalnya mungkin sedikit shock tapi pelan-pelan jam biologis menyesuaikan. Apalagi saya bisa lebih punya waktu atau quality time bersama keluarga. Atas saran dari beberapa teman dan tetangga yang sudah terlebih dahulu memasang Router WiFi di rumah, maka IndiHome terpilih. 

Kouta Besar dengan Jangkauan Luas

WiFi. Doc:FreePik
WiFi. Doc:FreePik

Maklum sebagai konten kreator sekaligus blogger, maka benefit nya adalah mempunyai  flexsibilitas area bekerja. Satu waktu saya bisa mengerjakan 3 proyek hanya di ruang tamu rumah mulai pukul 9 pagi sampai 3 sore. Lain hari ada 1 proyek yang terselesaikan saat saya mojok di area jemuran pakaian lantai atas. Ide memang  sering tak terduga datangnya memang.  Tapi ya karena bekerja di rumah atau kalau generasi Y menyebutnya sebagai Work From Home, maka terkadang perhatian saya sering terganggu oleh urusan rumah. Entah itu aroma masakan yang baru diolah (membuat perut saya jadi bergemuruh) atau tetangga datang untuk mengajak merumpi  tipis-tipis.

Padahal saya sering membutuhkan waktu khusus untuk mendapatkan ide konten  tanpa harus terganggu kehadiran orang lain. Bila gangguan terjadi maka kebuntuan ide yang didapat, maka saya memilih untuk menyelesaikannya di kafe. Tentu yang kondisi dan fasilitasnya mendukung kelancaran kreatifitas. Menjelajah dunia maya menjadi langkah pertama  saat sudah duduk manis di bangku kafe. Tapi ada kalanya juga ide   muncul saat duduk manis di kafe walau belum meneguk kopi panas. Ternyata kafe tersebut juga menggunakan layanan jaringan internet dari Telkom Indonesia.

Kesimpulan 

Kreator. Doc: FreePik
Kreator. Doc: FreePik

Pernah suatu waktu saya sedang berada liburan di luar kota beberapa hari. Tentu setelah  menyelesaikan proyek sehingga melenggang ringan. Eh ternyata malam hari menjelang tidur, ada request dari salah satu klien untuk mengirimkan hasil proyek yang biasanya dikirimkan beberapa hari lagi. Saya sih sudah menyelesaikan jauh-jauh  hari sebelum tegat waktu sehingga tidak panik. Untung penginapan tersebut menyediakan WiFi internetnya Indonesia.

Kuncinya tentu saja jaringan internet yang lancar, sehingga hanya perlu menggunggah beberapa materi ke sebuah server sehingga  klien pun puas. Liburan dilanjutkan dengan bahagia ditambah adanya notifikasi di ponsel bahwa rekening bank terisi kembali. Beginilah lika-liku saya sebagai blogger sekaligus konten kreator. Anda ingin juga berprofesi serupa?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan