Mohon tunggu...
Vincent AgustinusTjahyanto
Vincent AgustinusTjahyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mahasiswa Semester 7 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Seni

Skeetch a Happiness

27 November 2022   15:50 Diperbarui: 27 November 2022   15:52 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pada Pameran Skeetch a Happiness yang diadakan mahasiswa Kelas Kewirausahaan Atma Jaya Yogyakarta. Pada pameran kami menampilkan beberapa lukisan dari seniman Archa Project karena kami berkolaborasi dengan Archa Project itu sendiri. 

Sasaran dari pameran ini adalah orang - orang yang memiliki minat tentang seni lukis dan orang - orang yang ingin mengetahui tentang seni lukis. Acara ini dibuka untuk umum , dengan membayar tiket seharga 10.000, pengunjung mendapatkan sertifikat pengabdian masyarakat dari panitia acara.


Acara tersebut dimeriahkan oleh Enina dan kawan - kawan yang menampilkan live music, acara juga di isi dengan adanya stand sketch wajah, pengunjung dapat meminta wajahnya di sketch dengan membayar seharga 30.000, maka dapat di sketch melalui foto maupun live. Acara berlangsung pada hari Sabtu, 12 November 2022 dan bertempat di Dagadu Yogyatorium yang berlokasi di Jl. Gedongkuning Selatan No.128.
Pihak yang mendapat benefit atau keuntungan dari terselenggaranya acara ini. Salah satunya adalah pihak kedai kolega. Jumlah pengunjung yang datang pada saat acara tersebut dilaksanakan meningkat secara signifikan. Hal tersebut berdampak pada jumlah pesanan yang diterima dan income yang didapat.

OUTPUT KEGIATAN
Dalam Project Sketch a Happines ini, output atau hasil produk yang kami buat adalah sketsa wajah dan juga live music.
Sketsa wajah dilakukan on the spot di kedai kolega, Dagadu, Yogyatorium.
Sedangkan Live music, dilakasankan dari awal acara hingga selesai. diisi oleh 2 pemusik yang berbakat dan di temani seorang singer dari perwakilan kelompok.

KOLABORASI BERSAMA ARCHA PROJECT
ARCHA Project merupakan gabungan dari Art (Seni) dan Charity (Amal), Archa Project merupakan komunitas nirlaba dalam bidang seni dan kemanusiaan. Archa Project bergerak untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan seni yang kreatif dan inovatif dengan tujuan memberdayakan kegiatan para sahabat seniman, memajukan industri seni kreatif, dan memberikan kontribusi bantuan dalam berbagai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Archa Project berupaya untuk memadukan seni, bisnis, pendidikan, dan kemanusiaan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan.
Dalam Project Sketch a Happines, kami bersama ARCHA Project berkolaborasi dalam melakukan pameran seni untuk menarik minat pengunjung serta sebagai bentuk apresiasi seni.

KOLABORASI BERSAMA YOGYATORIUM
Terletak di lower ground (LG) gedung Yogyatourium, kedai dengan menu tradisional - fusion ini adalah tempat yang cozy untuk ngobrol ngalor - ngidul bersama kolega. Nuansa rustic - industrial pada interior dilengkapi dengan suguhan karya - karya tipografi chalkboard dan view taman luas nan asri akan membuat siapa pun betah menikmati sruput demi sruput wedang uwuh atau kopi.
Kelebihannya yang ditawarkan, TRECE Project pun melakukan kolaborasi dengan kedai Kolega, Yogyatorium dalam bentuk penggunaan tempat untuk acara kami dan menjadikan kedai sedagai sumber konsumsi utama.

Charity

Rumah Singgah Pasien Anak 'Kasih Bunda' dibangun berawal dari keprihatinan terhadap anak-anak yang sedang berjuang melawan penyakit dan menjalani pengobatan di RS Sardjito, namun tidak memiliki tempat tinggal yang layak.
Sejak didirikan tahun 2019, RSPA Kasih Bunda telah membantu 75-80 anak yang terdeteksi kanker anemia, anemia aplastik, neuroblastoma, dan jenis penyakit kanker lainnya. Rumah Singgah yang beralamat di Jalan Popongan 2 No. 79, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta ini menyediakan fasilitas tempat tinggal, sembako, antar-jemput pasien selama berobat di RS.
Apa yang dilakukan RSPA Kasih Bunda, sangatlah luar biasa dan mulai. Oleh karena hal itulah, Project Sketch a Happiness ini ingin mendedikasikan seluruh keuntungan acara yang kami dapat kepada RSPA Kasih Bunda.

Project Sketch a Happiness adalah program art and charity yang menggabungkan seni sketsa wajah sebagai daya tarik pengunjung dan juga live music untuk memeriahkan acar. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk meningkatkan apresiasi seni dan untuk menggalakan charity untuk RSPA Kasih Bunda.

Acara kami ini bekerja sama dengan ARCHA dan kedai Kolega, dagadu, Yogyatorium. Kolaborasi dengan ARCHA dilakukan dalam bentuk pameran lukisan. Sedangkan kolabirasi dengan kedai Kolega dilakukan dengan menjadikan kedai Kolega sebagai tempat acara berlangsung dan sebagai sumber konsumsi utama panitia dan peserta.

Dana yang kami dapatkan dari acara Sketch a Happiness ini sebesar Rp.1.137.000 yang diperoleh dari pendapatan juga donasi dari acara. Dana yang akan kami donasikan kepada RSPA Kasih Bunda sebesar Rp.799.500 setelah dikurangi dengan beberapa pengeluaran untuk perlengkapan acara dan juga konsumsi untuk talent.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun