Mohon tunggu...
Vina Ramadanti
Vina Ramadanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya Vina Nurul Ramadanti, saat ini sedang menempuh studi S1 di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang jurusan PGSD.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kuliah Kerja Nyata Tematik UPI 2022: Pendidikan untuk Semua

15 Agustus 2022   16:10 Diperbarui: 15 Agustus 2022   16:11 122 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bojongsoang -- Kab. Bandung

Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan KKN Tematik dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SGD's Desa dan Rekognisi MBKM Puspresnas Kemendikbudristek pada tanggal 11 Juli-10 Agustus 2022.

Para mahasiswa UPI angkatan 2019 terbagi lebih dari 100 kelompok KKN dengan tiap-tiap kelompok memiliki sub-tema yang berbeda. Saya tergabung di kelompok 165 dengan sub-tema KKN "Desa Peduli Pendidikan: Pendidikan Sepanjang Hayat". Dosen Pembimbing Lapangan kami Prof. Dr. Tatang Muhtar, M.Si.

Secara umum, pendidikan mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya. Maka dari itu, setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan yang terbaik bagi dirinya masing-masing. Sekolah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang mewadahi proses pendidikan peserta didik. Para peserta didik tidak hanya dibekali dengan materi pelajaran saja namun sekolah juga mengajarkan tentang pendidikan karakter di mana peserta didik diajarkan mengenai nilai-nilai dan etika yang tidak kalah pentingnya untuk menjadi bekal bagi para peserta didik ketika mereka dewasa nanti.

Saya bersama rekan-rekan kelompok kecil melaksanakan kegiatan KKN di Bojongsoang, Kab. Bandung. Sekolah sasaran kami adalah SDN 1 Ciganitri yang beralamat di Jl. Cigantri Mukti No. 161, Desa Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kab, Bandung. Sebelum melaksanakan kegiatan, kami datang ke Desa Cipagalo untuk perizinan pelaksanaan. Setelah selesai, kami datang ke SDN Ciganitri 1 untuk melaksanakan observasi pertama dan perizinan kepada kepala sekolah dan guru-guru.

Setelah perizinan selesai, kami mulai diskusi dan merancang program kerja kelompok kami. Kami mempunyai beberapa program unggulan diantaranya adalah "BERUNAS: Berani untuk Cerdas" yaitu suatu program untuk membantu siswa siswi dari kelas atas maupun kelas awal yang membutuhkan tambahan jam pelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasinya. Kami juga membantu mendampingi guru-guru dalam pelaksanaan MPLS SDN Ciganitri 1. Adapun kami juga berencana untuk membuat pojok baca di perpustakaan. Program lain adalah membantu anak-anak yang bertempat tinggal di sekitar daerah Ciganitri dalam BTQ (Baca Tulis Al-Qur'an) yang kami laksanakan sehabis shalat maghrib. Program kami adalah edukasi terhadap masyarakat sekitar mengenai pentingnya pendidikan dan berbagi beberapa cara praktis untuk mendampingi anak ketika belajar.

Sebagai persiapan pelaksanaan program "BERUNAS" kami menyusun modul bahan ajar yang mencakup literasi dan numerasi. Sebelumnya, kami berdiskusi dengan guru kelas untuk pendataan siswa mana saja yang membutuhkan dampingan belajar tambahan selain dari KBM di kelas. Kami melaksanakan dampingan belajar tersebut di perpustakaan SDN Ciganitri 1.

Kami mulai melaksanakan program BERUNAS pada hari kamis tanggal 14 Juli 2022. Para siswa dapat datang ke perpustakaan 1 jam sebelum jam KBM di kelas dimulai atau sesudah KBM di kelas selesai. Kami menggunakan modul BERUNAS yang telah kami susun dan menggunakan beberapa permainan numerasi dan literasi supaya pembelajaran tidak membosankan. Selain itu sesekali kami berbagi tugas untuk membantu kepala sekolah dalam hal administrasi. Setelah kegiatan dampingan belajar BERUNAS selesai, kami melanjutkan kegiatan mengaji sekitar pukul 18.00 -- 19.00. Fokus kami selain pada kemampuan BTQ (Baca Tulis Qur'an), kami juga melatih anak-anak untuk menghafal doa-doa harian, gerakan sholat dan wudhu, dan surat-surat pendek dalam Juz Amma.

Adapun kami mulai membenahi perpustakaan untuk membuat pojok baca pada hari Jum'at, tanggal 29 Juli 2022. Pojok baca bertujuan untuk menarik perhatian siswa siswi SDN Ciganitri 1 untuk datang dan membaca buku dengan nyaman di perpustakaan.

Setelah itu, kami berlanjut ke program kami selanjutnya yaitu edukasi kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya pendidikan dan beberapa cara untuk orang tua ketika mendampingi anak belajar di rumah.

Kami sangat berharap program-program yang telah kami laksanakan baik di sekolah ataupun di luar sekolah dapat bermanfaat dengan baik bagi guru, siswa, dan masyarakat luas. Selain itu, kami juga berharap program yang kami laksanakan dapat berjalan berkelanjutan mengingat betapa pentingnya pendidikan bagi kita semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan