Mohon tunggu...
Viersya Panggabean
Viersya Panggabean Mohon Tunggu... Novelis - Viersya Panggabean

just wanna tell what I wanna say

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Tanggapan Jawaban

2 Maret 2020   14:27 Diperbarui: 2 Maret 2020   15:00 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Pagi ini dihadapkan dengan pertanyaan oleh bapak gojek dengan inti yang hampir sama dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah sering ditanyakan oleh orang lain.

"apakah suaminya kerja di kantor yang sama, mba?"

"saya belum menikah, pak"

"Oh, maaf mba"

Balasan si bapak gojek tidak membuat beban pada diri saya. Sangat berbeda dengan orang yang kita kenal, walaupun tidk dekat namun menanyakan pertanyaan yang hampir sama.

"anak sudah berapa?"

"saya belum menikah, bu"

"kamu terlalu banyak pilih-pilih sih"

Hampir sama, dengan jawaban yang sama. Tapi balasan lanjutan orang yang menanyakannya yang sangat jauh berbeda. Dua-dua orang yang menanyakannya hanya kenal tapi tidak mengetahui diri saya secara jauh. 

Yang satu menanggapi dengan baik jawaban saya sedangkan yang satunya lagi menanggapi dengan kata-kata yang membuat saya kesal. Jangan tanyakan pembicaraan selanjutnya, itu menambah kesal saya. Semua menjadi salah saya ketika saya belum menikah.

Bukan saya tidak mau ataupun tidak berusaha. Namun selalu saya serahkan kepada Tuhan. Saya sudah usaha, mencoba segala kemungkinan, mencoba menanggapi semua pertanyaan dengan baik semampu saya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun